PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, EXPERIENTIAL MARKETING, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI KASUS PADA RESTORAN AYAM GEPREK SA’I YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan, experiential marketing, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang pada restoran Ayam Geprek Sa’i Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di restoran Ayam Geprek Sa’i Jl. Patangpuluhan No. 29B, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 230 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif promosi penjualan terhadap minat beli ulang pada restoran Ayam Geprek Sa’i Yogyakarta; (2) terdapat pengaruh positif experiential marketing terhadap minat beli ulang pada restoran Ayam Geprek Sa’i Yogyakarta; (3) terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap minat beli ulang pada restoran Ayam Geprek Sa’i Yogyakarta; (4) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang pada restoran Ayam Geprek Sa’i Yogyakarta; (5) terdapat pengaruh positif promosi, experiential marketing, kualitas produk dan kualitas pelayanan penjualan terhadap minat beli ulang pada restoran Ayam Geprek Sa’i Yogyakarta.
Kata kunci: Promosi Penjualan, Experiential Marketing, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Minat Beli Ulang.
Full Text:
PDFReferences
Faradiba, Sri Rahayu Tri Astuti. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Warung Makan Bebek Gendut Semarang. Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro.
Handal, Nehemia S. (2010). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas. Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro.
Handayani, Fitria. (2017). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Owl Cafe di Bandar Lampung. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Lampung.
Kotler, Philip. (2000). Marketing Management: Analysis, Planing, Implementation and Control. (9th ed.). USA: Printice Hall.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gery. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran jilid I. (12th ed.). Erlangga. Jakarta.
Kusumah, Ridwan Zia. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Diponegoro.
Pratama, Gilang Gemilang F.S. (2016). Pengaruh Atribut Produk dan Demografi Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Susu Pasteurisasi Indomilk. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Pasudan.
Remiasa, Marcus., Lukman, Yenny. (2007). Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Coffee Shop Asing dan Coffee Shop Lokal. Jurnal Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Triastuti, Freida & Augusty Tae Ferdinand. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Buket Koffee+Jazz Semarang. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Diponegoro.
Tjiptono, Fandi. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Windarta. (2015). Analisis Pengaruh Atribut Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Bakpia Mutiara Jogja. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Zeithaml, Valerie A. (1988). “Consumer Perceptions of Price, Quality and Value: A
Means End Model and Synthesis of Evidence,” Journal of Marketing, Vol 52 July.
Badan Pusat Statistik Daerah Istimewa Yogyakarta, (2014). Jumlah Restoran dan Rumah Makan di DIY Tahun 2007-2013. Yogyakarta : Badan Pusat Statistik.
www.pribuminews.com diambil dari http://www.pribuminews.com/2016/12/01/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-98-persen-triwulan-iii-2016/ (diakses pada 20 Januari 2018, pukul 14:54 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.