BRAND AMBASSADOR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH CITRA MEREK (STUDI KASUS PADA XL AXIATA DI PELAJAR DAN MAHAISWA YOGYAKARTA)

Panji Eka Prasetyo,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh citra merek. Penelitian ini merupakan penelitian survey dimana koresponden dalam penelitian ini adalah pelajar dan mahasiswa Yogyakarta yang membeli dan mengunakan XL Axiata. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,406; (2) brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,400; (3) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,387; dan (4) brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh citra merek, dibuktikan dari koefisien mediasi sebesar 0,291 dan nilai signifikansi 0,000<0,05..

 

Kata kunci: Brand Ambassador, Keputusan Pembelian, dan Citra Merek


Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: The Free Press.

Doucett, Elisabeth. (2008). Creating Your Library Brand, Communicating Your Relevance and Value to Your Patrons. Chicago: American Library Association (E-books).

Keller, Kevin Lane. (1998). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity.New Jersey: Prentice-Hall, Inc

Kotler, Philip and Gary Amstong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prehallindo.

Peter, Paul. J and Olson, C. Jerry. (1999). Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.Cetakan Keempat. Jilid-1. Erlangga: Jakarta.

Royan, Frans M. (2004). Marketing Selebrities “Selebriti Dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri”. Jakarta : Alex Media.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan PraktisDisertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Schiffman & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta : Prentice Hall

Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen; Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.