PERBANDINGAN TINGKAT ENGAGEMENT ANTARA POST FOTO DAN VIDEO INSTAGRAM (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM PERUSAHAAN BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE)

M Zaenal Ashfiya,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat engagement yang ditinjau dari nilai likes dan comments pada tipe-tipe konten Instagram. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik One-Way ANOVA. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan signifikan antara post foto dan post video ditinjau dari likes dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan comments dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. (2) Tingkat engagement post foto lebih besar dibanding post video ditinjau dari likes dan comments. (3) Terdapat perbedaan siginifikan antara post foto dan post carousel ditinjau dari likes dengan nilai signifikansi 0,000 dan comments dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. (4) Tingkat engagement post foto lebih besar dibanding post carousel ditinjau dari likes dan comments. (5) Tidak terdapat perbedaan antara post carousel dan post video ditinjau dari likes yaitu dengan nilai signifikansi sebesar 0,112 dan comments dengan nilai signifikansi sebesar 0,581. (6) Post video dan post carousel memiliki tingkat engagement yang sama baik ditinjau dari likes maupun comments.

Kata kunci: engagement, likes, comments, foto, video, carousel, instagram, vividness, media sosial, pemasaran.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Reineka Cipta

Bakhshi, Saeideh, David A. Shamma, Eric Gilbert. 2014. Face Engage Us: Photos wih Faces Attract More Likes and Comments on Instagram. Toronto: ACM

Cvijikj, Irena Pletikosa & Florian Michahelles. 2014. Online Engagement Factors on Facebook Brand Pages. Zürich: Auto-ID Labs White Paper

Daft, Richard L., Robert H. Lengel. 1983. Information Richness: A New Approach to Managerial Behavior and Organization Design. Fort Belvoir: DTIC

Doorn, Jenny van, Katerine N. Lemon, Vikas Mittal, Stephan Nass, Doreen Pick, Peter Pirner, Peter C. Verhoef. 2010. Customer Engagement Behaviour: Theoritical Foundations and Research Direction. Thousand Oaks: Journal of Service Research Vol. 13 No. 3 Hal. 253-266.

Hoffman, Donna L., Marek Fodor. 2010. Can You Measure the ROI of Your Social Media Marketing. North Hollywood: MITSloan

Management Review

Kompas. 2017. 5 Pengguna Instagram dengan Follower Terbanyak di Indonesia. http://tekno.kompas.com/read/2017 /07/26/22195227/5-pengguna- instagram-dengan-follower- terbanyak-di-indonesia diakses pada 01 September 2017 pukul 21.34

Kotler, Philip, Gary Armstrong. 2014.

Principle of Marketing Fifteenth Edition. Harlow: Pearson Education Limited

Lohtia, Ritu, Naveem Donthu, Edmund Hershberger. 2004. The Impact of Content and Design Elements on Banner Advertising Click-through Rates. Southern Illinois: Journal of Advertising Research. Vol 43 No 4 Hal. 410-418

Solomon, D. 2013. Moving on from Facebook: Using Instagram To Connect With Undergraduates And Engage In Teaching And Learning. Chicago: College & Research Libraries News

Sebate, F., Jasmina Berbegal-Mirabent, Antonio Canabate, Phillip R. Lebherz. 2014. Factors Influencing Popularity Of Branded Content In Facebook Fan Pages. Glasgow: European Management Journal, Vol. 32 No. 06 Hal 1001-1011

Steuer, Jonathan. 1993. Defining Virtual Reality: Dimensions Determining Telepresence. Journal of Communication. Washington, D.C.: International Communication Association Vol. 42 No. 4 Hal 73- 93

Trefzger, Timm F., Christian V. Baccarella, Kai-Ingo Voigt. 2016. Antecedent of Brand Post

Popularity in Facebook: The Influence of Images, Videos, an Text. Venice: International Marketing Trends Conference

Vries, Lisette de, Sonja Gensler, Peter S.H. Leeflang. 2012. Popularity of Brand Post on Brand Fan Pages: An Investigation of the Effect of Social Media Marketing. Journal of Interactive Marketing Vol. 26 No. 2 Hal. 83-91

We are Social. 2017. DIGITAL IN SOUTHEAST ASIA IN 2017. Diambil dari https://wearesocial.com/special- reports/digital-southeast-asia-2017 diakses pada 29 Agustus 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.