PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN SINAR ABADI BATIK KULON PROGO)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan promosi secara serempak terhadap keputusan pembelian pada produk batik “Sinar Abadi Batik”. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk Batik di “Sinar Abadi Batik”. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diferensiasi produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,320), (2) Promosi secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,240), dan (3) diferensiasi produk dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai signifikansi 0,000<0,05).
Kata kunci: Diferensiasi Produk, Promosi, dan Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Achidah, Nur., M Mukery Warso dan Leonanrdo Budi Hasiolan (2016). Pengaruh Promosi, Harga dan Desain terhadap Keptusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Study Empiris pada Produk Yamaha Mio GT di Weleri-Kendal). Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang Volume 2 No.2 (Maret 2016).
Ansyari, Muhamad Reza (2016). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda
Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Edisi 1 Tahun 2018
(Studi Kasus Pada Pegawai Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur). eJurnal Ilmu Administrasi Bisnis 2016, 4 (2): 605-619. ISSN 2355-5408.
Assael, Henry. 2001. Consumer Behavior 6th Edition. New York: Thomson Learning.
Babin, 2011. Menjelajahi Riset Pemasaran. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Swastha, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty
Swastha, Basu, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Chaula, Anwar. 2007. Analisis Strategi Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Diferensiasi Produk.Vol 8, Nomor 2, Desembar 2007. Yogyakarta
Engel, James F, et.al., 1995, Consumen Behavior, Alih Bahasa: Budiyanto, Jilid 1 dan 2, Bina Rupa Aksara, Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
Hermana, Dody (2006). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Rokok Djarum Super di Kabupaten Garut Hasil Penelitian Yang dipublikasikan. Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Vol. 5, N0. 9, Juli 2006 hal : 49 s/d 56. ISSN 1412-6613.
Irawan, Farid Wijaya, M,N. Sudjoni. 2000, Pemasaran Prinsip dan Kasus, BPEF, Yogyakarta. Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan. Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip & Kevin Lane. 2009. Menejemen Pemasaran, Edisi 13 jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Loudon, D. L. dan Bitta, A. J. D., (1993). Consumer behavior, Concepts and Applications. Fouth edition. Singapore: McGraw-Hill
Muanas, Ahmad (2014). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 12.
Nabhan, Faris dan Enlik Kresnaini. 2005. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian pada Rumah Makan di Kota Batu. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol 6 No.3.
Nandiroh (2013). Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Di Dharmasraya.
Narulita, Sendy (2016). Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ke Factory Outlet Di Kota Bandung (Studi kasus pada Heritage Factory Outlet). Skripsi Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama.
Pandensiolang, Josiel Driand dan Hendra N. Tawas (2015). Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola pada PT. Bangun Wenang Beverges Company in Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.3 September 2015 hal : 1113-1124. ISSN 2303-11.
Ratela, Gerry Doni dan Rita Taroreh (2016). Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Kopi Coffee Island. Jurnal EMBA 461 Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 460-471. ISSN 2303-1174.
Ratnaningrum, Hesti (2016). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap
Pengaruh Diferensiasi Produk…(Linda Dwi) 83
Keputusan Pembelian Konsumen dalam Pembelian Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite di Kota Yogyakarta.Skripsi Sanata Dharma.
Saladin, Djaslim, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya
Syarif, Sunanta dan Faisal Mundir (2007). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Flashdisk Kingston. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis.
Tandiono, Thomas W & Udayana, Hermawan. (2009), “Marketing Management, Consumer Behaviour & Consumers – Research”. UniversitasKristenPetra,http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_13399.html.
Zulhelmi dan Albert (2016). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sparepart Sepeda Motor Merek Strong Di Pekanbaru. Procuratio Vol.04, No.03, September 2016. EISSN - 2580-3743.
http:///www.harianjogja.com/ diakses pada 12 Juni 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.