PENGOPTIMALAN SISTEM ARUS LALU LINTAS MENGGUNAKAN PEMODELAN GRAF KOMPATIBEL (STUDI KASUS PERSIMPANGAN JEMBATAN BARU UGM)
Nur Insani Nur Insani, , Indonesia
Abstract
Arus lalu lintas yang kompatibel adalah dua arus lalu lintas yang dapat berjalan bersamaan tanpa
menyebabkan konflik. Graf kompatibel merupakan suatu graf sederhana dimana simpul dan rusuknya menunjukan
pasangan objek yang kompatibel (sesuai). Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemodelan arus lalu lintas
pada setiap kaki simpang Persimpangan Jembatan Baru UGM, (2) Mengetahui keoptimalan lampu lalu lintas pada
setiap kaki simpang di Persimpangan Jembatan Baru UGM, dan (3) Mengetahui rekomendasi sistem pembebasan
arus lalu lintas yang optimal Persimpangan Jembatan Baru UGM berdasarkan graf kompatibel dengan pengaturan
durasi waktu siklus lampu lalu lintas yang sudah diterapkan. Sistematika penelitian ini yaitu memodelkan arus lalu
lintas dalam bentuk graf kompatibel, menentukan subgraf lengkap yang didapat dari graf kompatibel keseluruhan
arus lalu lintas Persimpangan Jembatan Baru UGM, dan menentukan durasi fase lampu hijau dengan membuat
diagram jam. Hasil penelitian beruga graf kompatibel arus lalu lintas Persimpangan Jembatan Baru UGM, waktu
pelayanan lampu lalu lintas yang lebih efektif dari yang sebelumnya, arus kendaraan yang belok kiri dapat berjalan
bersamaan dengan arus kendaraan dari jalur lainnya, serta rekomendasi durasi fase lampu lalu lintas yang belok
kiri. Persentase pengoptimalan fase lampu lalu lintas pada arus lalu lintas yang belok kiri yaitu Jl. Monjali (fase
merah berkurang 37,6% dan fase hijau bertambah 85,3%), Jl. Jembatan Baru UGM (fase merah berkurang 38,6%
dan fase hijau bertambah 93,1%), Jl. AM Sangaji (fase merah berkurang 14,5% dan fase hijau bertambah 44,4%),
dan Jl. Jati Mataram (fase merah berkurang 35,8% dan fase hijau bertambah 283,3%).
menyebabkan konflik. Graf kompatibel merupakan suatu graf sederhana dimana simpul dan rusuknya menunjukan
pasangan objek yang kompatibel (sesuai). Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemodelan arus lalu lintas
pada setiap kaki simpang Persimpangan Jembatan Baru UGM, (2) Mengetahui keoptimalan lampu lalu lintas pada
setiap kaki simpang di Persimpangan Jembatan Baru UGM, dan (3) Mengetahui rekomendasi sistem pembebasan
arus lalu lintas yang optimal Persimpangan Jembatan Baru UGM berdasarkan graf kompatibel dengan pengaturan
durasi waktu siklus lampu lalu lintas yang sudah diterapkan. Sistematika penelitian ini yaitu memodelkan arus lalu
lintas dalam bentuk graf kompatibel, menentukan subgraf lengkap yang didapat dari graf kompatibel keseluruhan
arus lalu lintas Persimpangan Jembatan Baru UGM, dan menentukan durasi fase lampu hijau dengan membuat
diagram jam. Hasil penelitian beruga graf kompatibel arus lalu lintas Persimpangan Jembatan Baru UGM, waktu
pelayanan lampu lalu lintas yang lebih efektif dari yang sebelumnya, arus kendaraan yang belok kiri dapat berjalan
bersamaan dengan arus kendaraan dari jalur lainnya, serta rekomendasi durasi fase lampu lalu lintas yang belok
kiri. Persentase pengoptimalan fase lampu lalu lintas pada arus lalu lintas yang belok kiri yaitu Jl. Monjali (fase
merah berkurang 37,6% dan fase hijau bertambah 85,3%), Jl. Jembatan Baru UGM (fase merah berkurang 38,6%
dan fase hijau bertambah 93,1%), Jl. AM Sangaji (fase merah berkurang 14,5% dan fase hijau bertambah 44,4%),
dan Jl. Jati Mataram (fase merah berkurang 35,8% dan fase hijau bertambah 283,3%).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152
Jurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |