ANALISA SISTEM ANTRIAN M/M/1/N DENGAN RETENSI PELANGGAN YANG MEMBATALKAN ANTRIAN
Nikenasih Binatari, , Indonesia
Abstract
Pelanggan dalam antrian suatu sistem antrian dibagi menjadi dua yaitu pelanggan sabar dan tidak
sabar. Salah satu tipe perilaku pelanggan tidak sabar yang sering ditemui dalam antrian adalah pelanggan
yang membatalkan antrian. Sistem antrian yang dibahas pada penelitian ini adalah sistem antrian M/M/1/N
dengan memperhatikan pelanggan yang membatalkan antrian. Pelanggan yang membatalkan antrian adalah
pelanggan yang keluar dari antrian setelah menunggu beberapa saat dalam antrian. Berdasarkan analisa,
diperoleh formula probabilitas dan ukuran-ukuran keefektifan sistem yang diimplementasikan ke dalam
contoh kasus antrian di sebuah sarana jasa pembersihan mobil dengan laju kedatangan 2 mobil/jam, laju
pelayanan 3 mobil/jam, kapasitas sistem sebanyak 10 mobil, peluang pelanggan bertahan dalam antrian 0.6
dan reneging time-nya 0.1 jam. Diperoleh kesimpulan bahwa ukuran-ukuran keefektifan sistem antrian
M/M/1/N dengan memperhatikan pelanggan yang membatalkan antrian lebih rendah jika dibandingkan
dengan ukuran-ukuran keefektifan sistem antrian M/M/1/N sederhana.
Kata kunci : antrian, pelanggan yang keluar dari antrian, ukuran keefektifan.
sabar. Salah satu tipe perilaku pelanggan tidak sabar yang sering ditemui dalam antrian adalah pelanggan
yang membatalkan antrian. Sistem antrian yang dibahas pada penelitian ini adalah sistem antrian M/M/1/N
dengan memperhatikan pelanggan yang membatalkan antrian. Pelanggan yang membatalkan antrian adalah
pelanggan yang keluar dari antrian setelah menunggu beberapa saat dalam antrian. Berdasarkan analisa,
diperoleh formula probabilitas dan ukuran-ukuran keefektifan sistem yang diimplementasikan ke dalam
contoh kasus antrian di sebuah sarana jasa pembersihan mobil dengan laju kedatangan 2 mobil/jam, laju
pelayanan 3 mobil/jam, kapasitas sistem sebanyak 10 mobil, peluang pelanggan bertahan dalam antrian 0.6
dan reneging time-nya 0.1 jam. Diperoleh kesimpulan bahwa ukuran-ukuran keefektifan sistem antrian
M/M/1/N dengan memperhatikan pelanggan yang membatalkan antrian lebih rendah jika dibandingkan
dengan ukuran-ukuran keefektifan sistem antrian M/M/1/N sederhana.
Kata kunci : antrian, pelanggan yang keluar dari antrian, ukuran keefektifan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152
Jurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |