APLIKASI FUZZY DECISION MAKING UNTUK PEMILIHAN TUJUAN WISATA DI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAHANI YANG DIIMPLEMENTASIKAN DENGAN GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)
Agus Maman Abadi, , Indonesia
Abstract
Yogyakarta merupakan salah satu wilayah di indonesia yang indah dan sarat akan nilai sejarah, selain itu
Yogyakarta juga dikenal sebagai pusat budaya dan pariwisata di Pulau Jawa. Hal tersebut menjadi daya tarik
tersendiri bagi wisatawan untuk memilih Yogyakarta sebagai tujuan wisata mereka. Setiap wisatawan memiliki
kriteria tersendiri dalam memilih tujuan wisata ditengah banyaknya obyek wisata yang ada di Yogyakarta, sehingga
diperlukan suatu aplikasi yang dapat membantu wisatawan dalam memilih tujuan wisata yang sesuai dengan
kriteria. Adapun tujuan dari perancangan aplikasi fuzzy decision making ini adalah membantu wisatawan dalam
memilih alternatif wisata di Yogyakarta yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan wisatawan. Kriteria yang
ditentukan oleh wisatawan adalah jenis wisata, biaya, pemandangan/isi museum, keamanan, transportasi,
kebersihan, keramaian, dan fasilitas. Aplikasi ini menggunakan Metode Tahani dalam proses pemilihan tujuan
wisata dengan operator AND. Aplikasi fuzzy decision making kemudian diimplementasikan dengan Graphical User
Interface (GUI) agar tampilan aplikasi lebih komunikatif terhadap pengguna. Tingkat keakurasian aplikasi fuzzy
decision making pada uji kesesuaian obyek wisata dengan menggunakan operator AND pergandaan sebesar 75%,
sedangkan untuk keakurasian menggunakan operator AND minimum sebesar 93,33%. Jadi operator yang
digunakan selanjutnya untuk aplikasi ini adalah operator AND minimum.
Kata kunci: fuzzy decision making, Graphical User Interface (GUI), obyek wisata, Metode Tahani.
Yogyakarta juga dikenal sebagai pusat budaya dan pariwisata di Pulau Jawa. Hal tersebut menjadi daya tarik
tersendiri bagi wisatawan untuk memilih Yogyakarta sebagai tujuan wisata mereka. Setiap wisatawan memiliki
kriteria tersendiri dalam memilih tujuan wisata ditengah banyaknya obyek wisata yang ada di Yogyakarta, sehingga
diperlukan suatu aplikasi yang dapat membantu wisatawan dalam memilih tujuan wisata yang sesuai dengan
kriteria. Adapun tujuan dari perancangan aplikasi fuzzy decision making ini adalah membantu wisatawan dalam
memilih alternatif wisata di Yogyakarta yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan wisatawan. Kriteria yang
ditentukan oleh wisatawan adalah jenis wisata, biaya, pemandangan/isi museum, keamanan, transportasi,
kebersihan, keramaian, dan fasilitas. Aplikasi ini menggunakan Metode Tahani dalam proses pemilihan tujuan
wisata dengan operator AND. Aplikasi fuzzy decision making kemudian diimplementasikan dengan Graphical User
Interface (GUI) agar tampilan aplikasi lebih komunikatif terhadap pengguna. Tingkat keakurasian aplikasi fuzzy
decision making pada uji kesesuaian obyek wisata dengan menggunakan operator AND pergandaan sebesar 75%,
sedangkan untuk keakurasian menggunakan operator AND minimum sebesar 93,33%. Jadi operator yang
digunakan selanjutnya untuk aplikasi ini adalah operator AND minimum.
Kata kunci: fuzzy decision making, Graphical User Interface (GUI), obyek wisata, Metode Tahani.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152
Jurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |