OPTIMASI PELAYANAN ANTRIAN MULTI CHANNEL (M/M/c)PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) SAGAN YOGYAKARTA

Erin Juni Ferianto, , Indonesia
Nur Insani, , Indonesia
Retno Subekti, , Indonesia

Abstract


Antrian  merupakan  suatu  fenomena  yang  dihadapi  pelanggan  pada  industri  jasa.  Salah  satunya  terjadi  di
SPBU Sagan Yogyakarta dimana  penumpukan  pelanggan  sering  terjadi  setiap  pagi  dan sore  hari.  Penelitian
ini  bertujuan  untuk  menganalisis  antrian  yang  terjadi  dan  menentukan  jumlah  server  yang  optimal.
Pengumpulan data dilakukan  dengan  mengamati  dan  mencatat  antrian yang terjadi  pada jam sibuk  pagi  dan
sore  hari.  Konfigurasi  sistem  antrian  yang  diberlakukan  oleh  SPBU  Sagan  Yogyakarta  dapat  dinyatakan
dengan  notasi  (M/M/c).  Disiplin  pelayanan  yang  diberlakukan  pada  SPBU  Sagan  Yogyakarta  adalah
disiplin  pelayanan  First  In  First  Out  (FIFO).  Dari  hasil  penghitungan  kinerja  sistem  antrian  pada  SPBU
Sagan  Yogyakarta,  apabila  menggunakan  3  server  akan  terjadi  pengurangan  banyaknya   rata-rata  waktu
yang dibutuhkan  pelanggan  dalam  antrian  sebanyak 86,92%. Pernyataan  tersebut  diperkuat  dengan  naiknya
tingkat  menganggur  server  sebesar  3,47%.  Biaya  total  per  pelanggan  menggunakan  2  server  pelayanan
adalah Rp26.437 dan  jika  menggunakan 3 server  sebesar Rp30.919. Adapun  biaya  operasional  listrik  untuk
2  server  yaitu Rp1.398 per jam sedangkan  untuk 3  server  adalah Rp1.092 per jam.  Berdasarkan  penelitian
yang  dilakukan  pihak SPBU Sagan Yogyakarta lebih  baik  mengoperasikan 3 server  dibandingkan 2  server
atau 4 server.
Kata kunci: Pelanggan, Server, Antrian Multi Channel, SPBU Sagan Yogyakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.