ANALISIS SISTEM ANTREAN PEREKAMAN KTP-EL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SLEMAN
Sahid Sahid, Yogyakarta State University
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model, menentukan ukuran keefektifan, dan mensimulasikan model sistem antrean pada pelayanan perekaman KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman. Sistem antrean yang digunakan dalam penelitian ini adalah single channel-single phase dan multi channel-single phase. Tahapan penelitian ini diawali dengan tahap pengumpulan data primer dan sekunder. Kemudian dilanjutkan dengan tahap analisis data yang terdiri atas penghitungan rata-rata laju kedatangan dan pelayanan, pemeriksaan kondisi tunak, dan uji kecocokan distribusi. Selanjutnya, ditentukan model, ukuran keefektifan, dan simulasi sistem antrean pelayanan perekaman KTP-el. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh model sistem antrean yang diterapkan pada pelayanan perekaman KTP-el belum mencapai optimal, sehingga perlu dilakukan penambahan satu server, terutama pada pukul 08.00 – 10.00 WIB. Akibatnya, diperoleh model yang optimal yaitu, dengan tingkat kesibukan sistem sebesar; peluang sistem menganggur; rata-rata jumlah pemohon dalam antrean; rata-rata jumlah pemohon dalam sistem; rata-rata waktu menunggu dalam antrean; dan rata-rata waktu menunggu dalam sistem. Selanjutnya, diperoleh hasil simulasi bahwa tingkat kegunaan server pertama sebesar dan server kedua. Artinya, dengan menggunakan model dua server, setiap server bekerja lebih stabil dibandingkan menggunakan model satu server.
Kata kunci: sistem antrean, KTP-el, Disdukcapil
Full Text:
PDFReferences
Ahsan, M., Islam, R., & Alam, A. (2014). Study of Queuing System of a Busy Restaurant and a Proposed Facilitate Queueing System. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering (IOSR-JMCE), 11(11), 31-35. https://www.researchgate.net/publication/284451408.
Ary, M. (2019). Analisis Model Sistem Antrean pada Pelayanan Administrasi. Jurnal Tekno Insentif, 13(1), 9-15. https://doi.org/10.36787/jti.v13i1.102.
Asngadi, S. (2020). Analisis Sistem Antrean di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi (Studi pada Pelayanan Pencatatan dan Penerbitan Kartu Tanda Penduduk). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 6(2), 112-120. http://dx.doi.org/10.22487/jimut.v6i2.189.
Bahar, M. S., Mananohas, M. L., & Montolalu, C. E. (2018). Model Sistem Antrean dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM Resort Kepolisian Manado. Jurnal Matematika dan Aplikasi deCartesiaN, 7(1), 15-21.
Bain, L. J. (1992). Introduction to Probability and Mathematical Statistics. California: Duxbury Press.
Bataona, B. L., Nyoko, A. E., & Nursiani, N. P. (2020). Analisis Sistem Antrean dalam Optimalisasi Layanan di Supermarket Hyperstore. Journal of Management (SME's), 12(2), 225-237. https://doi.org/10.35508/jom.v12i2.2695.
Bupati Sleman. (2020). Peraturan Bupati Sleman Nomor 13 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Dudin, A. N., Dudin, S. A., Dudina, O. S., & Samouylov, K. E. (2020). Competitive queueing systems with comparative rating dependent arrivals. Operations Research Perspectives, 1-9. https://doi.org/10.1016/j.orp.2020.100139.
Gio, P.U. & Irawan, D.E. (2016). Belajar Statistika dengan R. Medan: USU Press.
Gondohanindijo, J. (2012). KTP Elektronik (e-KTP) bagi Penduduk Indonesia. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 3(1), 164-184.
Gorecki, S., Possik, J., Zacharewicz, G., et al. (2020). A Multicomponent Distributed Framework for Smart Production System Modeling and Simulation. Journal of Sustainability, 12, 3-26. https://doi.org/10.3390/su12176969.
Hanukov, G., Avinadav, T., Chernonog, T., & Yechiali, U. (2019). A Multi-Server Queueing-Inventory System with Stock-Dependent Demand. IFAC (International Federation of Automatic Control), 52(13), 671-676. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2019.11.124.
Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2017). Operations Management Sustainabilty and Supply Chain Management. Pearson.
Ibe, O. C., & Isijola, O. A. (2014). M/M/1 Multiple Vacation Queueing Systems with Differentiated Vacations. Hindawi Publishing Corporation Modelling and Simulation in Engineering, 20(14), 1-6. http://dx.doi.org/10.1155/2014/158247.
Ilhamsyah, F., Sutanto, H. T., & Puji, Y. (2017). Analisis Sistem Antrean pada Loading Dock Bongkar Barang di PT Kamadjaja Logistics Gudang K-66 Contract Logistics Nestle. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(6), 20-26.
Jatmika, S., & Prasetyo, B. P. (2017). Analisis Antrean Model Multi Channel-Single Phase dan Optimalisasi Layanan Akademik (Studi Kasus pada STMIK Asia Malang). Jurnal Positif, 3(1), 41-46. https://doi.org/10.31961/positif.v3i1.396.
Kakiay, T. J. (2004). Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: ANDI.
Khoirunnisa, G., & Martini, N. (2021). Analisis Sistem Antrean di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(1), 42-50. http://dx.doi.org/10.36982/jiegmk.v12i1.1519.
King, D. H. & Harrison, H. S. (2013). Open Source Simulation Software “JaamSim”. Proceedings of the 2013 Winter Simulation Conference, 2163-2171.
Margaret, C., Suhada, K., & Suhandi, V. (2012). Usulan Rancangan Sistem Antrean yang Optimal dan Ekonomis dengan Menggunakan Simulasi ProModel. Jurnal Integra, 2(1), 41-56.
Mendagri. (2016). Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 8, Tahun 2016 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan secara Nasional.
Mussafi, N. S. (2015). Pemodelan Sistem Antrean Multi-Channel Jasa Teller pada Bank Syariah di Yogyakarta untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. AdMathEdu, 5(2), 141-150. http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4770.
Nurjihan. (2016). Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pembuatan e-KTP pada Kantor Kecamatan Samarinda Kota di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 294-305.
Oktaviyanty, H., Dwidayati, N. K., & Agoestanto, A. (2018). Optimasi Sistem Antrean pada Pelayanan Servis Sepeda Motor Berdasarkan Model Tingkat Aspirasi. UNNES Journal of Mathematics, 7(2), 181-191. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36096.
Parimala, S. R., & Palaniammal, S. (2014). Application of Queueing Theory In Bank Sectors. International Journal of Development Research (IJDR), 4(12), 2783-2789.
Peter, P. O., & Sivasamy, R. (2019). Queueing theory techniques and its real applications to health care systems – Outpatient visits. International Journal of Healthcare Management, 1-9. https://doi.org/10.1080/20479700.2019.1616890.
Presiden RI. (2013). Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.
Rachman, T. (2016). Simulasi Model Antrean Optimal Loket Pembayaran Parkir. Jurnal Inovisi, 12(2), 72-85.
Sarvina, Y. (2017). Pemanfaatan Software Open Source “R” untuk Penelitian Agroklimat. Jurnal Informatika Pertanian, 26(1), 23-30. http://dx.doi.org/10.21082/ip.v26n1.2017.p23-30.
Sharma, A., & Barua, P. B. (2015). Application of Queuing Theory in a Small Enterprise. International Journal of Engineering Trends and Technology (IJETT), 27(2), 105-110. https://doi.org/10.14445/22315381/IJETT-V27P218.
Sheikh, T., Singh, S. K., & Kashyap, A. K. (2013). Application of Queueing Theory for The Improvement of Bank Service. International Journal of Advanced Computational Engineering and Networking, 1(4), 15-18. http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v13i1.2180.
Sihombing, R.E., Rachmatin, D., & Dahlan, J.A. (2019). Program Aplikasi Bahasa R untuk Pengelompokan Objek Menggunakan Metode K-Medoids Clustering. Jurnal EurekaMatika, 7(1), 58-79. https://doi.org/10.17509/jem.v7i1.17888.
Sismetha, R., Aritonang, M., & Kiftiah, M. (2017). Analisis Model Distribusi Jumlah Kedatangan dan Waktu Pelayanan Pasien Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Anugerah Bunda Khatulistiwa Pontianak. Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster), 6(1), 51-60. http://dx.doi.org/10.26418/bbimst.v6i01.19739.
Som, B. K., & Seth, S. (2017). An M/M/1/N Queuing system with Encouraged Arrivals. Global Journal of Pure and Applied Mathematics, 13(7), 3443-3453. http://dx.doi.org/10.2298/YJOR170620006S.
Sugito, & Fauzia, M. (2009). Analisis Sistem Antrean Kereta Api di Stasiun Besar Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan. Jurnal Media Statistika, 2(2), 111-120. https://doi.org/10.14710/medstat.2.2.111-120.
Taha, H. A. (2017). Operations Research. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.
Walpole, R. E. (1992). Pengantar Statistika. (Terjemahan Bambang Sumantri). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (Edisi asli diterbitkan tahun 1982 oleh Macmillan Publishing).
Wardono, Mariani, S., & Hidayah, N. (2014). Analysis of The Queueing Theory and Its Application on The System of The National Bank Customers in Queue. International Journal of Education and Research, 2(10), 503-514.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152
Jurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |