Analisis sistem antrian model multi channel single phase pada teller bank mandiri Sleman
Muhammad Fauzan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem optimalisasi kinerja pada antrian teller PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kantor Cabang Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan ialah pengambilan data dilakukan dengan mengamati dan mencatat antrian selama lima hari kerja pada pukul 09.00-12.00 wib. Setelah data terkumpul dilakukan olah data dan penentuan model antrian sampai dengan pengambilan keputusan. Model antrian yang berlaku pada Bank Mandiri Cabang Sleman Yogyakarta dinyatakan dengan notasi (M/M/c) yaitu pola kedatangan bedistribusi poisson, pola pelayanan berdistribusi eksponensial, dan terdapat fasilitas pelayanan lebih dari satu. Disiplin pelayanan yang diberlakukan adalah disiplin pelayanan First In First Out (FIFO). Penelitian ini menghasilkan model antrian (M/M/3) : (FIFO/∞/∞) yaitu pola kedatangan berdistribusi poisson, pola pelayanan bedistribusi eksponensial, dan terdapat fasilitas pelayanan (teller) sebanyak tiga orang. Disiplin antrian yang berlaku adalah first in first out (FIFO). Struktur antrian pada Bank Mandiri Cabang Sleman Yogyakarta ialah multi channel-single phase dengan ekspektasi kedatangan 0,236 nasabah per menit, ekspektasi kecepatan pelayanan 4,22 menit per nasabah, dan tingkat efektifitas kinerja sistem sebesar 33,33 %.
Full Text:
PDFReferences
Adeleke, R.A., Ogunwale, O.D. dan Halid O.Y. (2009). Application of Queuing Theory to Waiting Time of Out-Patient in Hospitals. Journal of Science and Technology, 10(2), 2070-274.
Al-Irsyad. I.B, Sugito, Hasbi Yasin. (2015). Penentuan Model Antrian dan Pengukuran Kinerja Pelayanan Plasa Telkom Pahlawan Semarang. Jurnal Gaussian, 4(3), 507-516.
Alkodri, A.A., Anisah, Supardi. (2020). Aplikasi Client server Berbasis Android pada Barbershop The Barbega Menggunakan Model Multi Channel - Single Phase. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer, 09(01), 138-143.
Anggoro, B.S. (2015). Sejarah Teori Peluang Dan Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 14.
Arum, Prizka R, Sugito, dan Yuciana W. (2014). Analisis Sistem Antrian Pelayanan Nasabah Bank X Kantor Wilayah Semarang. Jurnal Gaussian, 3(4), 791 - 800.
Ary, M. (2018). Pendekatan Teori Antrian Single Channel Single Phase pada Pelayanan Administrasi. Jurnal Infotronik, 3(1), 21-27.
Bhat, U.N. (2008). An Introduction to Queueing Theory, Modeling and Analysis in Aplications. Dallas:Birkhauser Boston
Bronson, R. (1996). Teori dan Soal-Soal Operations Research. (Terjemahan Hans Wospakrik). Jakarta : Erlangga.
Budiasih, Y. (2015). Optimalisasi Kasir dan Minimalsasi Biaya Studi Kasus pada Swalayan PSFJ di Jakarta Selatan. Jurnal Liquidity, 4(1), 53-63.
Budiharto,W., Ro’fah N R. (2013). Pengantar Praktis Pemrograman R untuk Ilmu Komputer.
Jakarta Barat : Halaman Moeka Publishing.
Faisal, F., (2005). Pendekatan Teori Antrian: Kasus Nasabah Bank Pada Pukul 08.00-11.00 Wib di Bank BNI 46 Cabang Bengkulu. Jurnal Gradien, 1(2), 90-97.
Ferianto, E.J. (2016). Optimasi Pelayanan Antrian Multi Channel (M/M/c) pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sagan Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Firdaus, A. (2016). Analisis Model Antrian pada Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus Pengisian Bahan Bakar pada SPBU Kota Jambi. J-Mas, 1(1), 1-7.
Ermatisya, D.A, Erhamwilda, dan Arif H. (2017). Meningkatkan Budaya Antri Melalui Teknik Modeling (Penelitian Tindakan Kelas Pola Kolaboratif Di Kelompok A TK Tunas Mekar Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung). Prosiding Pendidikan Guru Paud, 1(1), 19–26.
Hasan, Irmayanti. (2011). Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System). Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(1), 151.
Herniati. (2018). Analisis Ssitem Antrian Terhadap Efektivitas Pelayanan PT. Pos Indonesi (Persero) Makassar. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hidayah, Zulyani, Hartati dan Herliswanny. (1996). Sikap Budaya Antri Masyarakat Yogyakarta. Jakarta : CV.BUPARA Nugraha.
Kakiay, T.J. (2004). Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta : Andi Offset.
Kurniasih, R., Pramesti G. (2013). Distribusi Erlang dan Penerapannya. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 1, 223 – 236.
Pratiwi, J. (2017). Analisis Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Komiten Nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Tebing Tinggi. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Sumatra Utara.
Rahmayanty, N. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Samsir, Mustika, R. (2010). Analisis Sistem Antrian teller Pada PT. Bank Riau Cabang Utama Pekanbaru. Jurnal UNRI, 18, 02.
Sari, A. N. (2011). Model Sistem Antrian Pesawat Terbang di Bandara Internasional Adisujipto Yogyakarta. Jurnal Gamatika, 2(1), 16-24.
Sari, N. P., Sugito, dan Warsito. B. (2017). Penerapan Teori Antrian pada Pelayanan teller
Bank X Kantor Cabang Pembantu Puri Sentra Niaga. Jurnal Gaussian, 6(1), 81-90.
Serlina, L. (2018). Analisis Sistem Antrian Pelanggan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bandar Lampung Menggunakan Model Antrian Multi Channel Single Phase. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Shortle, J.F., Thompson J.M, Groos D, H.M., et al. (2018). Fundamentals of Queueing Theory.
America : Wiley.
Sinalungga, S. (2008). Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Subagyo, P., Asri M., dan Handoko T.H. (2002). Dasar-Dasar Operational Research.
Yogyakarta : BPFE.
Taha, H. (1989). Operations Research an Introduction. New York : Macmillan Publishing Co Inc.
Taha, H. (1997). Riset Operasi. (Terjemahan Daniel Wirajaya). Jakarta : Bina Rupa Aksara.
Wagner, H. (1972). Principles of Operations Research With Applications to Managerial Decisions. London : Prentice-Hall.
Walpole, R.E., Myers, R. H. (1995). Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan.
Bandung : Penerbit ITB.
Warella, R.Y, Wattimanela H. J., dan Ilwaru V.Y. (2021). Sifat -Sifat dan Kejadian Khusus Distribusi Gamma. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 15(1), 47-58.
Wospakrik, H. (1996). Teori dan Soal-Soal Operations Research. Bandung: Erlangga. https://www.bankmandiri.co.id/profil-perusahaan diakses pada 16 Juni 2022 10.27 wib.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152
Jurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |