SISTEM INFORMASI BIMBINGAN PRIVAT “TEMAN BELAJAR” DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERBASIS WEBSITE

Hidayat Nor Amin , Nur Hadi Waryanto,

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) merancang dan membangun sistem informasi bimbingan privat Teman Belajar berbasis Web yang mampu memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk menemukan tutor atau pengajar, (2) mengetahui tingkat kelayakan Teman Belajar dengan menggunakan pengujian betha. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan model pengembangan Waterfall. Model Waterfall terdiri empat tahap yaitu analisis, perancangan, implementasi dan pengujian. Pengujian yang dilakukan menggunakan pengujian Betha dengan menggunakan nilai karakteristik menurut Mc Call. Sistem informasi ini terdiri dari 3 user, yaitu: tutor, peserta didik, dan admin. Dari pengujian Betha yang dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: correctness (3,42; sangat baik) artinya semua menu dalam sistem berfungsi dengan baik, reliability (3,23; baik) artinya sistem cukup akurat dalam melakukan verivikasi kepada calon tutor, efficiency (3,00; cukup baik) artinya sistem ini cukup efisien, integrity (3,45; sangat baik) artinya keamanan sistem cukup baik, usability (3,47; sangat baik) artinya sistem memiliki tampilan yang menarik dan mudah dalam penggunaannya, maintainability (4,00; sangat baik) artinya sistem mampu melakukan pemulihan ketika terjadi masalah dengan sangat baik, testability (4,00; sangat baik) artinya fungsi dari setiap menu dalam sistem berfungsi dengan sangat baik, flexibility (3,00; cukup baik) artinya terdapat kemudahan dalam pengembangan sistem, portability (3,68; sangat baik) artinya sistem mudah diakses melalui browser yang berbeda, reusability (4,00; sangat baik) artinya sistem mudah digunakan sebagai pengganti sistem pencarian lain, dan interoperability (3,00; cukup baik) artinya sistem memiliki kemudahan untuk terhubung dengan media lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ini layak untuk digunakan. Kata kunci: sistem informasi, Teman Belajar, website, pengujian Betha. Abstract This research aims to: (1) designing and building a private tutoring system of web based that is able to provide convenience to consumers to find a tutor, (2) know the feasibility level of Teman Belajar using betha test. The research method used is with Waterfall development model. Waterfall model consists of four stages of analysis, design, implementation and testing. The tests were performed using Betha testing using characteristic values according to Mc Call. This information system consists of 3 users, namely: tutor, learners, and admin. From Betha test done got the following result: correctness (3,42; very good) means all menu in system work well, reliability (3,23; good) means system accurate enough in doing verivikasi to prospective tutor, efficiency (3 ,00; good enough) means the system is efficient enough, integrity (3.45; very good) means the security of the system is good enough, usability (3.47; very good) means the system has an attractive appearance and easy in use, maintainability (4 , 00; very good) means the system is capable of performing recovery when the problem occurs very well, testability (4.00; very good) means the function of every menu in the system works very well, flexibility (3.00, good enough) ease of system development, portability (3.68; very good) means the system is easily accessible through different browsers, reusability (4.00 is excellent) means the system is easy to use instead of another search system , and interoperability (3.00;good enough) means the system has the convenience to connect with other media. Thus, it can be concluded that the information system is feasible to use. Keywords: information system, Teman Belajar, website, Betha testing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.