ERRORS IN THE USE OF GERMAN DECLINATIONS BY OF THE 11TH GRADERS OF SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL
Tri Kartika Handayani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) jenis-jenis kesalahan dekinasi (2) frekuensi kemunculan setiap jenis kesalahan (3) faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa satuan-satuan lingual (kata, kalimat) yang mengandung kesalahan deklinasi. Pengambilan data dilakukan dengan tes gramatik bahasa Jerman peserta didik kelas XI Pengayaan di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Teknik analisis data menggunakan metode agih. Keabsahan data diperoleh melalui uji reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kesalahan deklinasi sebanyak 609, (2) kesalahan deklinasi kasus Nominativberjumah 133 (22%), (3) kesalahan deklinasi kasus Akkusativberjumlah 285 (47%), (4) kesalahan deklinasi kasus Dativberjumlah 181 (30%). Faktor terjadinya penyebab terjadinya kesalahan adalah interferensi antara bahasa Indonesia dengan bahasa Jerman, yaitu perbedaan gramatik dan faktor kompetensi peserta didik
Kata Kunci: Kesalahan Pemakaian Deklinasi, Gramatik Bahasa Jerman
Abstract
This study aims to describe (1) the types of declination errors (2) the frequency of occurrence of each type of error (3) the factors causing the error. This research is descriptive qualitative. The object of research is lingual units (words, sentences) containing declination errors. The data were collected by German graduate test of class XI Enrichment at SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Data analysis techniques using the agih method. Data validity is obtained through intrarater reliability test and interrater. The results showed that (1) declination error was 548, (2) Nominativ case declination was 90 (15%), (3) error of case declination Akkusativ amounted to 302 (49%), (4) Dativ case declination error amounted to 182 (34%). Factors of the occurrence of the error is the interference between the Indonesian language with the German language, namely grammatical differences and competence factors learners.
Keywords: Errors declinations, Germangramatical.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi E. Jakarta: Bumi Aksara.
Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika.
Izzan, Ahmad. 2010. Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.
Nurgiantoro. 2001. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang.
Parera, Jos Daniel. 1997. Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Pateda. 1989. Analisis Kesalahan. Flores: Nusa Indah.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/10.21831/TLv1i1
Refbacks
- There are currently no refbacks.