THE EFFORT IN IMPROVING THE GERMAN READING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL USING THE COOPERATIVE SCRIPT METHOD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) keaktifan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul menggunakan metode Cooperative Script, (2) prestasi belajar keterampilan membaca teks bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul menggunakan metode Cooperative Script.Jenis penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Strategi dalam penelitian ini ditentukan bersama secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Pengayaan SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini, yaitu (1) keberhasilan proses dan (2) keberhasilan produk. Kriteria Ketuntasan Minimal dalam mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul mencapai 78. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan keaktifan peserta didik kelas XI Pengayaan SMA Negeri 1 Sedayu Bantul mencapai 27,27%melalui metode Cooperative Script, dan (2)terdapat peningkatan prestasi keterampilan membaca teks bahasa Jerman peserta didik kelas XI Pengayaan SMA Negeri 1 Sedayu Bantul mencapai 81,81% melalui metode Cooperative Script. Nilai rata-rataketerampilan membaca teks bahasa Jerman peserta didik meningkat. Kenaikan nilairata-ratatersebut sebesar 23,52% yaitu dari 68,29 sebelum diberi tindakan menjadi 91,81 setelah diberi tindakan.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran,Keterampilan Membaca Bahasa Jerman, Metode Cooperative Script
Abstract
The purpose of this research is to increase (1) the learner activity of class XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul using Cooperative Script method, (2) achievement learn skill reading German language of student of class XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul using Cooperative Script method. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The strategies in this study were determined collaboratively between researcher and teacher. The subjects of this study are students of class XI Pengayaan of SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. The datawas analyzed by using qualitative descriptiveanalysis.This classroom action research consists of two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Indicators of success in this study, namely (1) the success of the process and (2) the success of the product. Criteria of Complete Minimum in German subject at SMA Negeri 1 Sedayu Bantul reaches 78. The result of this research indicate that (1) there is improvement of student activity of class XI Pengayaanof SMA Negeri 1 Sedayu Bantul reaches 27,27% through Cooperative Script method and (2) there is improvement of reading skill achievement of German text of class XI Pengayaanof SMA Negeri 1 Sedayu Bantul reaches 81,81% through Cooperative Script method. The average score of reading skill in German learners increases. The average value increase was 23,52% from 68,29 before being given 91,81 after being given the action.
Keywords: Learning Methods, German Reading Skills, Cooperative Script Method
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar–Dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.
Bumi Aksara.
Bolton, S. 1996. Probleme der
Leistungensmessung. Berlin:
Langenscheidt.
Hardjono, Sartinah. 1988. Prinsip–Prinsip
Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi.
Iskandarwassid dan Sunendar. 2009. Strategi
Pembelajaran Bahasa. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Madya, Suwarsih. 2011. Teori dan Praktik
Penelitian Tindakan (Action
Research). Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar
Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning-
Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Warsono dan Hariyanto, 2013. Pembelajaran
Aktif (Teori dan Asesmen).
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Westhoff, Gerard. 1997. Fertigkeit Lesen.
München: Goethe Institut.
DOI: https://doi.org/10.21831/10.21831/TLv1i1
Refbacks
- There are currently no refbacks.