ANALISIS KESALAHAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL UJIAN NASIONAL (UN) MATEMATIKA SD TAHUN 2012/2013
Kumaidi Kumaidi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi dalam UN Matematika SD Tahun 2012/2013 di Kota Kediri yang meliputi: (1) atribut yang mendasari butir soal, (2) materi yang menyebabkan siswa banyak melakukan kesalahan, (3) jenis kesalahan yang dilakukan siswa, (4) letak kesalahan konsep siswa yang dominan, (5) penyebab utama kesalahan konsep yang dilakukan siswa. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif. Sumber data berupa lembar jawaban siswa dan soal UN Matematika SD Tahun 2012/2013 di Kota Kediri. Hasil penelitian (1) atribut yang mendasari butir soal ada 67 atribut, meliputi 4 atribut isi, 60 atribut proses, dan 3 atribut keterampilan; (2) materi yang menyebabkan siswa banyak melakukan kesalahan adalah materi geometri dan pengukuran; (3) jenis kesalahan tertinggi pada bilangan adalah kesalahan prosedur, pada geometri dan pengukuran adalah kesalahan konsep, dan pada pengolahan data adalah kesalahan penafsiran; (4) letak kesalahan konsep yang dominan pada bilangan adalah konsep dasar arithmetic dan konsep dasar bilangan, pada geometri dan pengukuran adalah konsep dasar geometri dan pengukuran, pada pengolahan data adalah konsep dasar statistika; (5) penyebab utama kesalahan konsep pada bilangan adalah tidak menerapkan operasi hitung dengan tepat, tidak memahami konsep bilangan berpangkat; penyebab utama kesalahan konsep pada geometri dan pengukuran adalah tidak menerapkan rumus, konsep, atau sifat-sifat bangun datar maupun bangun ruang dengan tepat; penyebab utama kesalahan konsep pada pengolahan data adalah tidak memahami konsep rata-rata, median dan modus dari data bentuk kumpulan maupun tabel.
Keywords
kesalahan konsep; atribut; matematika; ujian nasional
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats