ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL UN MATEMATIKA SMP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI KOTA MATARAM
Kumaidi Kumaidi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional Matematika, (2) mendeskripsikan letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional Matematika, (3) mendeskripsikan pada materi manasaja siswa banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional Matematika tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Sumber dari siswa kelas IX SMP tahun pelajaran 2012/2013 se-Kota Mataram dengan jumlah peserta ujian 6.961 siswa. Sampel dipilih secara random berdasarkan kode paket soal yang dikerjakan yaitu POC-H06 dengan Jumlah peserta ujian sebanyak 278 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari materi yang diujikan pada soal UN telah terbentuk 12 atribut isi, 67 atribut proses dan 5 atribut keterampilan Materi geometri merupakan materi yang tergolong sulit dengan tingkat ketuntasan butir soal 17%. Jenis kesalahan banyak dilakukan pada jenis kesalahan proses sebanyak 20,59%. Letak kesalahan disebabkan karena siswa tidak menguasai atribut konsep (A1, A61, A62, A63, A72, A77), tidak menguasai atribut proses (A4, A5, A6, A8), tidak menguasai atribut keterampilan (A76, A81, A82).
Keywords
analisis kesalahan; atribut; Ujian Nasional; matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats