EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Muhamad Yunus, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY, Indonesia
Tri Hartiti Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian kelas pada mata pelajaran matematika SMP Negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah SMP Negeri di Kabupaten Lombok Tengah dengan sampel 6 sekolah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil evaluasi pelaksanaan penilaian kelas pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri di Kabupaten Lombok Tengah menunjukkan bahwa: (1) teknik penilaian kelas yang dilaksanakan guru sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yaitu 93,16% > 75% dari skor maksimum dengan kategori baik; (2) prosedur penilaian kelas yang dilaksanakan guru sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yaitu 92,26% > 75% dari skor maksimum dengan kategori baik; (3) pelaporan serta pemanfaatan hasil penilaian kelas sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yaitu 92,85% > 75% dari skor maksimum dengan kategori baik.

Keywords


evaluasi; penilaian kelas; mata pelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats