EVALUASI PROGRAM DIKLAT PENINGKATAN KOMPETENSI BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK DI LPMP D.I. YOGYAKARTA

Dwi Atmanta, LPMP D.I. Yogyakarta, Indonesia
Sudji Munadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan Program Diklat Peningkatan Kompetensi (DPK) Guru Taman Kanak-kanak di LPMP D.I. Yogyakarta yang meliputi: kesesuaian program dengan kebijakan pemerintah, persiapan penyelenggaraan diklat, proses pembelajaran diklat, dan tingkat keterpahaman peserta terhadap materi diklat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan model CIPP (Context Input Process Product). Tempat penelitian adalah LPMP D.I. Yogyakarta, dan subjek penelitian adalah seluruh guru TK yang mengikuti DPK, penatar, dan panitia diklat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan check list, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan diklat kompetensi telah sesuai dengan peraturan pemerintah maupun renstra lembaga. Kemampuan awal peserta diklat hampir sebagian besar dalam kriteria cukup dan semua persiapan penyelenggaraan diklat dalam kriteria siap digunakan. Persiapan penatar dalam kriteria baik. Proses pembelajaran masih banyak menggunakan metode ceramah, sedangkan motivasi peserta dalam mengikuti diklat termasuk dalam kriteria tinggi. Materi diklat yang kurang dipahami peserta antara lain, sertifikasi guru TK, Bahasa Jawa TK, dan psikologi perkembangan.

Keywords


diklat kompetensi; evaluasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats