EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN

Atik Agustina, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY, Indonesia
Tri Hartiti Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelaksanaan pembelajaran program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP yang meliputi context, input, process, dan product dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah penyelenggara, pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran program PAUD di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten adalah sebagai berikut. (1) Aspek konteks: relevansi kebutuhan masyarakat dan relevansi dengan tujuan telah sesuai dengan standar. (2) Aspek input: komponen kelengkapan tenaga kependidikan dan karakteristik pendidik belum sepenuhnya sesuai dengan standar, komponen karakteristik peserta didik dan ketersediaan sarana prasarana telah sesuai dengan standar. (3) Aspek proses: komponen perencanaan pembelajaran dan manajemen serta kepemimpinan penyelenggara telah sesuai dengan standar, komponen pelaksanaan belum sepenuhnya sesuai dengan standar. (4) Aspek produk telah sesuai dengan standar. Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran program PAUD di Kecamatan Trucuk belum sepenuhnya sesuai dengan standar.

Keywords


evaluasi program; pelaksanaan pembelajaran; PAUD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats