PENGARUH KINERJA KEPALA MADRASAH DAN PRESTASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTs KABUPATEN WAKATOBI

Arsyad Arsyad, Kumaidi MTsN Wanci Wakatobi, Indonesia
Kumaidi Kumaidi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh: (1) kinerja kepala madrasah terhadap prestasi belajar siswa, (2) prestasi guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) kinerja kepala madrasah dan prestasi guru dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex - post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Kabupaten Wakatobi sebanyak 169 dengan sampel sebanyak 118 siswa diambil secara acak. Analisis hasil uji coba instrumen penelitian dilakukan dengan teknik analisis faktor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dukumentasi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data kinerja kepala madrasah dan prestasi guru dalam pembelajaran dan dokumentasi untuk nilai raport siswa kelas VIII. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik regresi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kinerja kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (t = 4,936 dan p < 0,05). (2) Prestasi guru dalam pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (t = 7,568 dan p < 0,05). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan tentang kinerja kepala madrasah dan prestasi guru dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa (t1 = 1,755, t2 = 7,399 dan p1, p2 < 0,05).

Keywords


prestasi belajar siswa; persepsi siswa tentang kinerja kepala madrasah; prestasi guru dalam pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats