EVALUASI KEEFEKTIFAN KELOPMPOK KERJA GURU (KKG) PADA PROGRAM BERMUTU DI KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH

Wartoni Wartoni, Prodi Peneltitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY, Indonesia
Badrun Kartowagiran, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Hasil penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tentang: (1) kondisi kelompok kerja guru (KKG), (2) proses pelaksanaan program kerja kelompok kerja guru (KKG), dan (3) peran KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru di kabupaten Batang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi Discrepansi yang di kembangkan oleh Provus dengan pendekatan kuantitatif survey. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen, panduan observasi, dokumentasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta kelompok kerja guru (KKG) di kabupaten Batang Jawa Tengah dengan sampel sebanyak 183 guru. Analisis hasil uji coba penelitian dilakukan dengan teknik analisis faktor, sedangkan analisis data penelitian dilakukan dengan teknik statistik deskriptif persentase dan hasil yang diperoleh dibandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi kelompok kerja (KKG) di kabupaten Batang Jawa Tengah dikategorikan baik, (2) kondisi sarana dan prasarana dikategorikan baik dan mendukung proses pelaksanaan kegiatan kelompok kerja guru (KKG) di kabupaten Batang Jawa Tengah, (3) kondisi organisasi dikategorikan baik dan program telah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuannya, (4) peran kelompok kerja guru di kabupaten Batang Jawa Tengah dalam meningkatkan dan mengembangkan profesional guru dikategorikan baik, dan (5) produk KKG menunjukkan bahwa kompetensi guru dan hasil belajar siswa meningkat.

Keywords


Kelompok Kerja Guru (KKG), profesional, BERMUTU

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats