FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASA STUDI MAHASISWA DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI TARI FBS UNIVERSITAS NEGERI YOGYKARTA

Rizki Mustikasari, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidinkan PPs UNY, Indonesia
Djemari Mardapi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga, keterlibatan dalam kegiatan ekstra, tingkat percaya diri, dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terhadap masa studi mahasiswa di FBS Universitas Negeri Yogyakarta. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis jalur atau path analysis. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah masa studi mahasiswa. Variabel Indeks Prestasi Kumulatif sebagai variabel moderat. Sedangkan variabel status sosial ekonomi keluarga, kegiatan ekstra, dan tingkat percaya diri sebagai variabel eksogen (independent). Hasil penelitian menunjukkan (1) status sosial ekonomi, kegiatan ekstra, tingkat percaya diri, dan Indeks Prestasi Kumulatif memiliki pengaruh langsung yang berarti terhadap masa studi mahasiswa; (2) tidak ada pengaruh tidak langsung yang berarti dari status sosial ekonomi, kegiatan ekstra, dan tingkt percaya diri terhadap masa studi mahasiswa; (3) status sosial ekonomi, kegiatan ekstra, dan tingkat percaya diri memiliki pengaruh total yang berarti terhadap masa studi mahasiswa.

Keywords


masa studi; prestasi belajar mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats