EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU SMP KELAS VIII DI KABUPATEN SUMBAWA
Roni Hartono,
Prodi PEP PPs UNY, Indonesia Aman Aman,
Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran, untuk mengetahui output pembelajaran, dan untuk mengetahui kualitas program pembelajaran IPS terpadu di Kabupaten Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah evaluatif menggunakan model EKOP. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri yang melaksanakan program pembelajaran IPS Terpadu. Sampel penelitian berupa kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Negeri kelas VIII. Sampel kepala sekolah dan guru menggunakan purposive sampling dan sampel untuk siswa menggunakan cluster sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data berupa observasi,dokumentasi dan kuesioner. Validitas yang digunakan berupa validitas isi (expert judgement) dan validitas konstrak dengan analisis faktor serta menggunakan standar reliabitas di atas 0,70. Hasil penelitian ini adalah dimana kualitas pembelajaran IPS terpadu berkategori baik, output pembelajaran IPS berkategori baik, dan kualitas program pembelajaran IPS terpadu di Kabupaten Sumbawa berkategori baik.
Keywords
evaluation; program; integrated social studies learning