IDENTIFIKASI RAGAM INTERAKSI KELAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMA N 1 KOTA MUNGKID MAGELANG

Lutvi Widiyastuti,
Yuni Wibowo,
Tri Harjana,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam interaksi kelas yang terjadi pada pembelajaran biologi materi sistem koordinasi di SMA N 1 Kota Mungkid. Desain penelitian menggunakan penelitian Deskriptif dengan metode observasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Mungkid Magelang. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2, XI MIA 4, dan XI MIA 5 di SMA N 1 Kota Mungkid. Pengambilan data dengan menggunakan instrumen interaksi siswa-siswa, siswa-obyek dan siswa-guru. Analisis data dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan untuk interaksi siswa-siswa yaitu aspek komunikasi dan partisipasi, interaksi siswa-obyek yaitu subaspek fungsi atensi dan interaksi siswa-guru yaitu aspek aktivitas siswa. Berdasarkan ketiga ragam interaksi yang terjadi di dalam kelas, interaksi yang dominan muncul adalah interaksi siswa-siswa.

 

Kata Kunci: identifikasi, ragam interaksi kelas, pembelajaran biologi, sistem koordinasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i6.8133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.