PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA SMA KELAS X DI GUNUNGKIDUL
Yuni Wibowo,
Ratnawati Ratnawati,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah jenis, indeks kekayaan jenis, indeks keanekaragaman, dan indeks kemerataan tumbuhan bawah yang ditemukan; mengetahui kualitas modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan bawah yang telah disusun; serta mengetahui hasil uji keterbacaan modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan bawah pada tegakan Hutan Wanagama oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation), namun dibatasi hanya sampai tahap development. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa Kelas X MIPA 2 SMA N 1 Playen. Instrumen penelitian berupa angket kebenaran konsep, penilaian kualitas modul, dan angket uji keterbacaan untuk siswa. Hasil penelitian studi keanekaragaman yaitu ditemukan 22 jenis tumbuhan bawah, dengan indeks keanekaragaman termasuk kategori sedang dan indeks kemerataan kategori tinggi. Hasil penilaian kualitas modul termasuk dalam kategori sangat baik, serta hasil uji keterbacaan siswa memberi tanggapan setuju.
Kata kunci: modul pengayaan, tumbuhan bawah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i6.8132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |