PELAKSANAAN PROGRAM REMEDI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO
Bambang Subali,
Budiwati Budiwati,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program remedi pada pembelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif-fenomenologis dengan metode deskriptif yang dilaksanakan pada bulan April-Mei 2017. Subjek penelitian ini adalah guru biologi kelas X yang diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan mengajukan pertanyaan ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ terkait perencanaan, pelaksanaan, serta pemantauan hasil program remedi. Teknik analisis data dengan membuat transkrip hasil wawancara kemudian reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedi dilaksanakan dengan menentukan peserta didik yang harus mengikuti program remedi berdasarkan KKM, pertimbangan lain yang digunakan yaitu apabila ketahuan menyontek. Observasi dilaksanakan oleh beberapa guru namun tidak diperhatikan dalam perencanaan program remedi. Program remedi yang dilaksanakan berupa belajar mandiri, pembahasan indikator yang belum dikuasai, pemberian tugas, dan pemanfaatan tutor sebaya. Pemantauan hasil program remedi dilakukan dengan melaksanakan tes ulang. Nilai akhir peserta didik yang mengikuti program remedi sesuai dengan KKM.
Kata kunci: penelitian kualitatif, program remedi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i5.8124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |