MISKONSEPSI MATERI GENETIKA DALAM BUKU BIOLOGI SMA KELAS XII YANG DITULIS BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN KULON PROGO
Suratsih Suratsih,
Victoria Henuhili,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya miskonsepsi, (2) kategori miskonsepsi apa saja yang ditemukan, (3) persentase masing-masing kategori miskonsepsi, dan (4) tingkat persentase miskonsepsi yang ditemukan pada materi Genetika dalam buku biologi SMA Kelas XII yang ditulis berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini termasuk penelitian analisis konten/isi dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini adalah tiga buku pelajaran biologi yang ditulis berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kulon Progo. Objek penelitian adalah konsep-konsep dengan unit analisis berupa teks dan gambar. Analisis miskonsepsi dilakukan oleh tiga panelis didasarkan pada pengkategorian miskonsepsi menurut Hersey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada ketiga buku yaitu buku A, B dan C. Ditemukan kelima kategori miskonsepsi. Persentase setiap kategori miskonsepsi pada konsep teks dan gambar dalam materi genetik dan pola heriditas secara berturut-turut yaitu misidentifications (78,41% dan 3,17 %), oversimplifications (6,47 % dan 7,93 %), overgeneralization (0,32 % dan 0 %), obsolete consepts and terms (1,29 %dan 0 %) dan undergeneralisation (0,32 % dan 0 %). Persentase miskonsepsi paling tinggi ditemukan pada buku B ( 18,99 %), buku A (17,90%) dan buku C (14,50%).
Kata kunci: miskonsepsi, materi genetika, buku SMA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i2.6177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |