ANALISIS MISKONSEPSI SISTEM GERAK PADA BUKU BIOLOGI SMA KELAS XI DI KOTA YOGYAKARTA
Sukiya Sukiya,
Paidi Paidi,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis miskonsepsi berdasarkan 5 kategori miskonsepsi menurut Hershey (2005), dan persentase tiap kategori pada konsep sistem gerak dalam buku biologi SMA kelas XI di kotamadya Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten (content analysis). Populasi penelitian adalah semua buku biologi SMA kelas XI kurikulum 2013 yang digunakan oleh siswa dan guru SMA di kotamadya Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus. Objek penelitian adalah seluruh konsep yang terdapat pada bab sistem gerak dalam buku sampel. Unit analisis yang digunakan berupa konsep teks dan gambar. Analisis miskonsepsi dilakukan berdasarkan 5 kategori miskonsepsi menurut Hershey (2005:1) yaitu misidentifications, oversimplifications, overgeneralizations, undergeneralizations dan obsolete concepts and terms. Analisis dilakukan oleh 3 panelis yang telah memenuhi kriteria. Data diperoleh dengan menghitung frekuensi masing-masing jenis miskonsepsi dan diuji reliabilitasnya dengan menggunakan uji α Krippendorf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata frekuensi miskonsepsi sistem gerak untuk konsep teks dan gambar yang ditemukan dalam buku biologi SMA kelas XI di kotamadya Yogyakarta secara berturut-turut turut adalah sebesar 8,58% dan 8,10% misidentifications, 12,79% dan 18,08% oversimplifications, 6,20% dan 1,96% overgeneralizations, 0,34% dan 0% undergeneralizations, kategori obsoelete concepts and terms tidak ditemukan dalam penelitian ini.
Kata kunci: biologi, buku, miskonsepsi, sistem gerak
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i2.6175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |