IDENTIFIKASI MISKONSEPSI STRUKTUR FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DALAM BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI KURIKULUM 2013
Yuni Wibowo,
Budiwati Budiwati,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi, kategori miskonsepsi, dan persentase kategori miskonsepsi yang teridentifikasi pada materi struktur fungsi jaringan tumbuhan dalam buku teks Biologi SMA. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan objek berupa tiga buku teks biologi SMA kelas XI Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, sehingga diperoleh 3 buku teks biologi sebagai sampel. Unit analisis dalam penelitian ini berupa konsep teks dan gambar dalam materi struktur fungsi jaringan tumbuhan. Identifikasi miskonsepsi didasarkan pada 5 kategori: misidentifications, oversimplifications, overgeneralizations, obsolete consept and terms, dan undergeneralizations yang dianalisis oleh tiga orang panelis yang memenuhi syarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada buku teks A sebesar 22,08%, pada buku teks B sebesar 18,94%, dan pada buku teks C sebesar 12,67%. Kategori dan persentase miskonsepsi bervariasi. Kategori miskonsepsi dan rata-rata persentase setiap kategori adalah sebagai berikut: misidentifications (9,30%), oversimplifications (4,04%), overgeneralizations (2,45%), obsolete concept and terms (0,3%) dan Undergeneralizations (1,77%).
Kata kunci : buku teks, jaringan tumbuhan, miskonsepsi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i2.6166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |