KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA DITINJ AU BERDASARKAN KEFAVORITAN SEKOLAH
Paidi Paidi,
Bambang Subali,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains aspek biologi siswa SD kelas V di Kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan kefavoritan sekolah dan kaitannya dengan pekerjaan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 441 siswa kellas V dari 12 sekolah di Kota Yogyakarta yang ditentukan secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes KKPSAK oleh Bambang Subali, dkk (2013). Data kefavoritan sekolah dengan nilai Ujian Nasional diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, data pekerjaan orang tua dari angket. Hasil analissis menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif menunjukkan rerata skor KBDKPS tergolong dalam kategori sedang (15,29 dari total skor 40). Rerata skor KBDKPS siswa di sekolah favorit (16,37) lebih tinggi daripada sekolah tidak favorit (14,38). Rerata skoor KBDKPS tertinggi diperoleh sekolah favorit dengan siswa yang orangtuanya berprofesi sebagai guru/dosen (18,32).
Kata kunci: kefavoritan sekolah, keemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i1.6159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |