ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS RPP DAN LKPD SMA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN DI KOTA YOGYAKARTA

nurul amalia,
slamet suyanto,
suratsih suratsih,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: apakah kemunculan Keterampilan Proses Sains (KPS)  dalam RPP dan LKPD sudah menunjukkan metode ilmiah yang baik, serta mendeskripsikan apakah ada perbedaan kemunculan KPS pada RPP dan LKPD, jenis eksperimen dan eksplorasi. Jenis penelitian ini merupakan analisis isi terhadap RPP dan LKPD, tanpa meneliti proses pelaksanaanya di kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah RPP dan LKPD Biologi SMA pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang ditulis berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Sampel diambil dengan teknik purpossive yaitu RPP dan LKPD yang boleh dipinjam, dari guru biologi yang bersangkutan. Pengambilan data menggunakan instrumen yang telah divalidasi oleh Dosen Pembimbing I, oleh tiga panelis. Data yang diambil handal menurut perhitungan koefisien kecocokan Kanonik Krippendorf, α ≥ 0,8. Analisis data menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa RPP dan LKPD belum menunjukkan metode ilmiah yang baik menurut Brum dan McKanne. Metode ilmiah yang muncul pada RPP kurang lengkap sebab tidak terdapat desain eskperimen dan menerima/ menolak Ha. Pada LKPD tidak terdapat mendesain eskperimen dan merumuskan hipotesis. Kemunculan KPS pada RPP dan LKPD masih termasuk kategori kurang baik. Terdapat perbedaan kemunculan KPS pada RPP dan LKPD, jenis eksplorasi dan eksperimen. KPS yang paling banyak muncul pada RPP eksperimen adalah melakukan percobaan, sedangkan pada RPP eksplorasi adalah menyimpulkan. KPS yang paling banyak muncul pada LKPD eksperimen adalah mengamati, mengklasifikasi, menganalisis hasil penelitian, dan melakukan percobaan. Pada LKPD eksplorasi adalah melakukan percobaan/eksplorasi.

 

Kata kunci: Keterampilan Proses Sains (KPS), Metode Ilmiah, RPP, LKPD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i8.6049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.