RAGAM PERTANYAAN SISWA MAN YOGYAKARTA III DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN POKOK BAHASAN
Sukarni Hidayati,
Yuliati Yuliati,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ragam pertanyaan siswa MAN Yogyakarta III kelas X dalam pembelajaran biologi dan untuk mengetahui keterkaitan antara ragam pertanyaan dengan pokok bahasan. Penelitian deskriptif dengan metode observasi ini dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAN Yogyakarta III. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan berupa lembar obserbasi, lembar analisis ragam pertanyaan kognitif, dan perekam video. Teknik analisis data dilakukan secara deksriptif dengan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi kemudian diinterpretasikan. Hasil menunjukkan pertanyaan yang muncul dalam pembelajaran biologi yaitu C1, C2, C3, C4, dan C5 dan ragam pertanyaan pada setiap pokok bahasan berbeda karena kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran pada setiap pokok bahasan juga berbeda.
Kata kunci: pertanyaan, ragam pertanyaan, pembelajaran biologi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i7.4629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |