RAGAM PERTANYAAN SISWA MAN YOGYAKARTA III DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN POKOK BAHASAN

Asri Fathianihayati,
Sukarni Hidayati,
Yuliati Yuliati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ragam pertanyaan siswa MAN Yogyakarta III kelas X dalam pembelajaran biologi dan untuk mengetahui keterkaitan antara ragam pertanyaan dengan pokok bahasan. Penelitian deskriptif dengan metode observasi ini dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAN Yogyakarta III. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 yang dipilih secara random.  Instrumen yang digunakan berupa lembar obserbasi, lembar analisis ragam pertanyaan kognitif, dan perekam video. Teknik analisis data dilakukan secara deksriptif dengan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi kemudian diinterpretasikan.  Hasil menunjukkan pertanyaan yang muncul dalam pembelajaran biologi yaitu C1, C2, C3, C4, dan C5 dan ragam pertanyaan pada setiap pokok bahasan berbeda karena kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran pada setiap pokok bahasan juga berbeda.

 

Kata kunci: pertanyaan, ragam pertanyaan, pembelajaran biologi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i7.4629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.