PENGEMBANGAN E-MODUL PENGAYAAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR

Noviana Hapsari,
Slamet Suyanto,
Budiwati .,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan yang layak digunakan untuk siswa kelas XII SMA (2) mengetahui keefektifan penggunaan e-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi pada tahap ADD (Analysis, Design, Development). Subyek penelitian terdiri atas 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media, 2 guru Biologi dan 16 siswa kelas XII SMA N 2 Bantul. Objek penelitian ini adalah e-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan e-modul pengayaan, angket kemandirian, lembar observasi kemandirian, dan soal tes kognitifHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.  (2) E-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan efektif meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas XII SMA. Peningkatan kemandirian belajar siswa dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,38 berdasarkan angket dan 0,67 berdasarkan obeservasi. Peningkatan hasil belajar siswa juga dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,64.

 

Kata kunci : E-modul pengayaan, pertumbuhan dan perkembangan, kemandirian belajar, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i5.4557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.