KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN SISWA SD BERDASARKAN ASPEK GENDER
Bambang Subali,
yuni Wibowo,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran atau deskripsi kemampuan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV sekolah dasar di kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan aspek gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebesar 551 siswa kelas IV dari 12 sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV di Kota Yogyakarta tergolong rendah. Skor KKPSAK perempuan lebih tinggi daripada skor KKPSAK laki-laki. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa terdapat keterkaitan antara kemampuan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Yogyakarta yang ditinjau berdasarkan aspek gender dengan faktor kefavoritan sekolah dan urutan kelahiran anak.
Kata kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, gender
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i3.4522
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |