HUBUNGAN INTELIGENSI DENGAN KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI PADA SISWA SD DI DIY
Slamet Suyanto, , Indonesia
Bamabang Subali,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas keterampilan proses sains aspek biologi (KKPSAB), hubungan inteligensi dengan KKPSAB, serta hubungan inteligensi dan KKPSAB dengan prestasi akademik IPA siswa sekolah dasar di DIY. Inteligensi dan KKPSAB perlu dilihat kesesuaiannya di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian ditentukan secara convenience sampling. Penelitian ini terintegrasi dalam penelitian yang mengukur kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan siswa SD di DIY oleh Bambang Subali tahun 2015. Data diperoleh melalui tes dengan instrumen tes KKPSAK. Data skor IQ, kefavoritan sekolah, dan prestasi akademik IPA diperoleh dari hasil dokumentasi data sekolah. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan uji korelasi. Hasil menunjukkan tingkat KKPSAB siswa SD bervariasi antara rendah, sedang, hingga tinggi dengan rerata skor tergolong rendah. Inteligensi dengan KKPSAB memiliki hubungan korelasi positif signifikan dengan kekuatan lemah (r=0,382). Hubungan kedua variabel berdasarkan jenjang kelas dan kefavoritan sekolah tidak selalu signifikan dan tidak berpola. Inteligensi dan KKPSAB dengan prestasi akademik IPA memiliki hubungan korelasi positif signifikan dengan kekuatan lemah (r=0,306).
Kata kunci: Inteligensi, Kreativitas Keterampilan Proses Sains Aspek Biologi, Prestasi Akademik IPA
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i2.4492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |