TINGKAT KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI

Fitria Eka Cahya Astuti, , Indonesia
Paidi ., , Indonesia
Sukarni Hidayati, , Indonesia

Abstract


     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan problem solving dan ada tidaknya perbedaan kemampuan problem solving berdasarkan gender dan jenjang kelas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI MIPA di SMA N 2 Ngaglik, SMA N 1 Kalasan, dan SMA N 1 Godean sedangkan sampel yaitu 183 siswa (6 kelas yaitu 3 kelas X dan 3 kelas XI MIPA) dari SMA N 2 Ngaglik, SMA N 1 Kalasan, dan SMA N 1 Godean yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal uraian berbasis problem solving. Data tingkat kemampuan problem solving pada siswa dianalisis secara statistika deskriptif dengan melihat skor persentase pencapaian tingkat kategori nilai sedangkan data perbedaan kemampuan problem solving pada siswa berdasarkan gender dan jenjang kelas dianalisis secara statistika inferensial dengan uji t sampel independen. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Tingkat kemampuan problem solving pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Sleman berada pada kategori nilai sangat tinggi sebanyak 2,78 %, tinggi sebanyak 79,44 %, dan rendah sebanyak 17,78 %, (2) Terdapat perbedaan kemampuan problem solving pada siswa berdasarkan gender siswa. Siswa perempuan memiliki kemampuan problem solving lebih tinggi dari siswa laki-laki (3) Terdapat perbedaan kemampuan problem solving pada siswa berdasarkan jenjang kelas siswa. Siswa kelas XI memiliki kemampuan problem solving lebih tinggi dari siswa kelas X.

 

Kata kunci :  Gender, Jenjang Kelas, Problem Solving.

 




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i1.4481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.