ANALISIS KESINAMBUNGAN KONSEP BIOTEKNOLOGI DALAM BUKU PELAJARAN SAINS/BIOLOGI
Siti Umniyatie, , Indonesia
Evy Yulianti, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesinambungan konsep-konsep Bioteknologi dalam buku pelajaran Sains/Biologi yang ditulis berdasarkan KTSP dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis isi. Pemilihan buku menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini berupa konsep-konsep bioteknologi dalam buku pelajaran Sains/Biologi. Konsep dianalisis oleh 3 orang panelis dengan cara membaca dan mencermati alinea dalam bacaan (teks), gambar, dan tabel yang memuat konsep bioteknologi. Hasil analisis kemudian dimasukkan ke dalam tabel pengamatan. Melakukan diskusi antar panelis untuk mengidentifikasi ulang konsep yang ditemukan. Data hasil identifikasi diolah ke dalam tabel kesinambungan konsep. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi bioteknologi yang ditemukan pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Gondokusuman menunjukkan adanya kesinambungan konsep. Hal ini ditandai dengan ditemukannya penambahan konsep (konsep baru, perluasan, dan pendalaman konsep), serta penggunaan istilah pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Kata kunci: kesinambungan konsep, bioteknologi, jenjang pendidikan, KTSP
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i1.4475
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |