STUDENTS' LEARNING DIFFICULTIES IN LEARNING BIOLOGY ON ECOSYSTEM MATERIAL BASED ON THE USE OF LEARNING STRATEGIES
Ahmad Kamal Sudrajat, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antisna, I. W. Y., & Sayono, J. (2025). Penerapan scaffolding pada zone of proximal development (ZPD) dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 540–548. https://doi.org/10.17977/ um084v3i32025p540-548
Ardelina, A. Y., Ain, N., & Ayu, H. D. (2021). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(4), 300–312. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.4903
Akmal, A., & Fitriani, W. (2024). Kesulitan Belajar dan Faktor Mempengaruhi Kesulitan Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5769–5778. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13286
Astuti, F. R., Sahara, I. R., & Gusmaneli, G. (2025). Pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3390
Asyhari, A., & Clara, G. P. (2017). Pengaruh pembelajaran levels of inquiry terhadap kemampuan literasi sains siswa. Scientiae Educatia, 6(2), 87–101. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.2000
Azizah, R. (2022). Project-based learning dalam pembelajaran matematika. J-PiMat, 4(2), 539–550. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v4i2.2026
Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, 83(1), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
Chasanah, A., Badriyah, L., & Masnawati, E. (2025). Implementasi model pembelajaran project-based learning (PjBL) dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Waru Sidoarjo. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 14–25. https://doi.org/10.35964/ munawwarah.v17i1.383
Colburn, A. (2000). An inquiry primer. Science Scope, 23(6), 42–44. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:58708948
Etobro, A. B., & Fabinu, O. E. (2017). Students’ perceptions of difficult concepts in biology in senior secondary schools in Lagos State. Global Journal of Educational Research, 16(2), 139–146. https://doi.org/10.4314/gjedr.v16i2.8
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman Journal, 11(1), 1–17. https://scholar.google.com/scholar?q=+intitle:%22Belajar%20 Dan%20Pendekatan%20Pembelajaran%22
Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh model discovery learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.894
Harahap, K. S. (2021). Konsep dasar pembelajaran. Journal of Islamic Education El Madani, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i1.13
Harahap, L. J., Komala, R., & Riztanto, R. H. (2020). Studying ecosystem in senior high school: The utilisation of CirGi learning model to enhance mastery of biological concepts. Indonesian Research Journal in Education, 4(2), 515–529. https://doi.org/10.22437/irje.v4i2.9608
Harahap, M., Panjaitan, J. H., & Yasin, K. (2024). Implementasi model project-based learning dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMP Negeri 2 Tambusai. EduSpriti: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(4), 136–141. https://journal.makwafoundation.org/ index.php/eduspirit/article/view/964
Ismail. (2016). Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah. Jurnal Edukasi, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689
Joyce, B., & Weil, M. (2015). Models of teaching. Pearson. https://doi.org/ 10.4324/9781003455370
Kurniasih, N., & Listiawati, M. (2018). Pengaruh strategi know–want to know–learned (KWL) terhadap penguasaan konsep. BioEdUIN: Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 8–16. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2920
Kuroru, M. M., & Rahmah, N. (2023). Analisis kesulitan kognitif siswa sekolah dasar dalam memahami materi ekosistem pada pembelajaran IPA. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 74–84. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2357
Kusmaryono, I. (2021). Strategi scaffolding pada pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung, 26–37. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/download/18002/6087
Laia, T. (2024). Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 88–102. https://doi.org/10.57094/jpe.v5i2.2271
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Meutia, N. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa SMP kelas VII pada materi bilangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis (3rd ed.). SAGE Publications. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20100609&lokasi=lokal
Munthe, R. N. S., Agustin, A. S., Putri, Z. A., Kundariati, M., Anggur, M. R. I., Fadilla, N. B., Nurhawa, W. O., Susilo, H., Ibrohim, I., & Sudrajat, A. K. (2023). Implementation of problem-based learning model through lesson study for improving prospective biology teachers’ communication and collaboration skills. AIP Conference Proceedings, 2569(1), 020037. https://doi.org/10.1063/5.0112404
Mursyidin, Dewi, S. V., & Khairi, M. S. (2024). Perancangan media pembelajaran interaktif berbasis Android menggunakan App Inventor 2 pada mata pelajaran biologi. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 77–84. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cyberspace/article/view/20755
Musanna, A., & Basiran. (2023). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 683–690.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20286
Negraha, E. A., & Tuara, N. A. (2024). Penerapan model project-based learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan profil pelajar Pancasila siswa SMK Bina Insani Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), 6(1), 97–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.14323739
Nisak, N. Z. (2021). Analisis kebutuhan bahan ajar biologi untuk siswa SMA ditinjau dari tingkat kesulitan materi, keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan keaktifan belajar siswa. EduBiologia, 1(2), 128–133. http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9629
Nuraeni, & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–30. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24
Nurfadhillah, S., Saridevita, A., Adji, A. S., & Valentina, F. R. (2022). Analisis kesulitan belajar membaca (disleksia) dan kesulitan belajar menulis (disgrafia) siswa kelas I SDN Tanah Tinggi 3 Tangerang. MASALIQ: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 114–122. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.94
Nusroh, S., & Ahsani, E. L. F. (2019). Analisis kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) serta cara mengatasinya. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 157–164. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.891
Parnawi, A. (2020). Psikologi belajar (2nd ed.). Deepublish.
Rofiqi, & Rosyid, M. Z. (2020). Diagnosis kesulitan belajar pada siswa (N. A. Rahma, Ed.; 1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi. https://penerbitlitnus.co.id/product/diagnosis-kesulitan-belajar-pada-siswa/
Rohman, M. M., Lestari, A., & Arsi, A. A. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning/PjBL) pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 860–865. https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3443
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384
Sani, Y., Sari, N. F., & Harahap, R. D. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi biologi di kelas XI SMA Muhammadiyah Rantauprapat. JOMAS, 1(3), 13–20. https://doi.org/10.36987/jmapen.v2i2.1696
Simatupang, H., Putri, N. F., Siagian, Y., Dhuha, L., & Arwita, W. (2024). Analisis manajemen waktu dan penyediaan alat dalam model pembelajaran project-based learning untuk meningkatkan minat belajar biologi peserta didik di SMA Negeri 21 Medan. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 1149–1157. https://jicnusantara.com/ index.php/jiic/article/view/610
Simorangkir, A., & Napitupulu, M. A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11247
Sudrajat, A. K., Sari, D. A. W., & Anggrella, D. P. (2023). Hubungan antara faktor eksternal dan internal selama pembelajaran daring pada siswa sekolah menengah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(1), 121. https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.17089
Supriyani, W., Karma, I. N., & Khair, B. N. (2022). Analisis strategi pembelajaran bagi siswa lamban belajar (slow learner) di SDN Tojong-Ojong tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1444–1452. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.781
Susilawati, E., Rahayuningsih, M., & Ridlo, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran ekologi SMA dengan strategi outdoor learning. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1091–1097. https://journal.unnes.ac.id/sju/usej/article/view/9568
Syaidah, & Afrizal, B. (2023). Peningkatan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek (studi kasus pada Sekolah Dasar SDN 007 Simpang Beringin Pelalawan). Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(2), 136–145. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/1526
van Aswegen, E. C., & Pendergast, D. (2023). The impact of interest: an emergent model of interest development in the early years. Early Child Development and Care, 193(13–14), 1335–1349. https://doi.org/10.1080/03004430.2023.2245575
Wanda Widiya, & Ahmad Syarqawi. (2023). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan self-regulated learning pada santri. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4980
Wenning, C. J., & Khan, M. A. (2011). Levels of inquiry model of science teaching: Learning sequences to lesson plans. Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 17–20. https://scispace.com/pdf/levels-of-inquiry-model-of-science-teaching-learning-43tbkfl56e.pdf
Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47–58. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v11i2.24273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Edukasi Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
![]() | Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |