PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL MATERI HORMON REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KESEHATAN REPRODUKSI

Danisa Naya Cahyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kartika Ratna Pertiwi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi hormon dalam sistem reproduksi manusia, 2) mengetahui kelayakan LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning apabila digunakan dalam pembelajaran, 3) mengetahui efektivitas e-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan literasi kesehatan reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan 4D, yaitu define, design, dan develop. Pengembangan e-LKPD memanfaatkan website liveworksheets yang dapat diakses secara online. Desain uji coba e-LKPD berbasis PBL menggunakan one group pretest posttest design. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan oleh ahli, lembar penilaian kelayakan oleh guru, angket respon peserta didik, soal literasi pengetahuan, dan angket literasi sikap. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (uji paired T test dan uji Wilcoxon). Hasil penelitian ini berupa produk e-LKPD berbasis PBL yang layak digunakan pada pembelajaran biologi materi hormon dalam sistem reproduksi manusia. Selain itu, e-LKPD berbasis PBL ini efektif digunakan untuk meningkatkan literasi kesehatan reproduksi peserta didik.


Keywords


E-LKPD, problem based learning, hormon, literasi kesehatan

Full Text:

PDF

References


Ana, R. F. R. (2018). Penggunaan Model Four D dalam Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Pada Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung. Jurnal Pedagogy, 5(2), 64-74. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/14.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 122=130. http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-130%29.pdf.

Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Kalor Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Trapan, 1(1). https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Gramedia.

Asiah, N., Suza, D. E., & Arruum, D. (2020). Pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 10(2), 125-128.

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2(2), 204-210.

Hairida, & Setyaningrum, V. (2020). The Development of Students Worksheets Based on Local Wisdom in Substances and Their Characteristics in Junior High School. Journal of Educational Science and Technology, 6(2), 106-116. https://doi.org/10.26858/est.v6i2.12358

Haryati, L. F., & Wangid, M. N. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Educhild, 12(1), 23-28. https://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i1.7838

Hasibuan, I. S., Siregar, N., Lubis, J. A., & Nasirsah, N. (2023). Upaya meningkatkan motivasi belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SMP N 5 Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 185-191.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumawati, F., & Adawiyah, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL)Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(1), 31-38. https://doi.org/10.33654/jph.v5i1.620

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 25-30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.668

Maghfira, L., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Sridana, N. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Jigsaw Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Materi Pola Bilangan. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 410-416. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.264

Notoatmodjo, S. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1).

Riduwan. (2011). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Risamasu, P., & Pieter, J. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(1), 443-453.

Sopiana, E., Atiatrrahmaniah, & Hakim, A. R. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Journal on Education, 6(1), 7971-7986.

Susanti, E., & Arista, A. (2019). Analisa Tingkat Pengetahuan Guru terhadap Kompetensi 4C. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 73-78. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1509

Trianggoro, T. B., & Wahjuni, E. S. (2020). Survei Literasi Kesehatan pada Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8(1), 205-209. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive.

Utami, K. L. S., Suastra, I. W., & Suarni, N. K. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Tema Sumber Energi. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 46-55.

Wijaya, M. K., Giri, M. K. W., Wahyuni, N. P. D. S., & Setiawan, K. H. (2018). Premarital sex behaviors of teenagers: a case in Bali, Indonesia. InternationalJournal of Health Sciences, 2(3), 11-21. https://doi.org/10.29332/ijhs.v2n3.211

Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. BioEdu, 10(3), 605-616.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i2.21810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.