PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Syamsurizal Syamsurizal, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, V. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Vee Map Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik.
Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 407-417.
Aryawati, N. P., Pujani, N. M., & Widiyanti, N. L. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X SMA. Wahana Matematika dan Sains, 14(2), 105-124.
Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000-5015.
Azura, R. M., & Selaras, G. H. (2023). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Cara Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pelajaran Biologi. ANWARUL, 3(4), 697-709.
Daud, R., Haerullah, A., Bahtiar, B., & Yusuf, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Iskam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 456-462.
Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1-14.
Habibah, F. N., Setiadi, D., Bahri, S., & Jamaluddin, J. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning berbasis Blended Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 686-692.
Herzon HH, Budijanto, Utomo DH. 2018. Pengaruh problem-based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan 3(1): 42-46.
Ilmi, M., & Lagiono, L. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan Pada Konsep Ekosistem. Jurnal pendidikan hayati, 5(2).
Kartini, S.R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Semarang Melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Permainan Isometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA 2019, Vol.2, 836-840. ISSN 2613-9189
Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1-8.
Meriani, M., Khairil, K., & Kasmirudin, K. (2019, October). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Kepahiang. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).
Mustakim, N. I. L., & Hambali, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 287-292.
Nasral, N., & Meliandika, R. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN I Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 672-683.
Nuraini, W. S., & Nurkamilah, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 27-31.
Paputungan, Y., Rengkuan, M., & Nangoy, W. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi Di SMP Negeri 3 Bolaang. JSPB BIOEDUSAINS, 4(2), 192-198.
Paudi, Humaira dan Mohammad Jamhari dan Mursito S Bialangi dan Ritman Ishak. "Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu." Journal of Biology Science and Education (JBSE) (2020): Vol 8(1): 593-601.
Pujianti, M., & Rusyana, A. (2020). Penerapan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem reproduksi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7-11
Putri, D. M., & Fitri, R. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 42-52.
Putri, Y. A., & Zulyusri, Z. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(2), 1-11.
Rangkuti, S. R., Khairuna, K., & Jayanti, U. N. A. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Indera Kelas XI. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 7-15.
Ritonga, N. M., Anas, N., & Rohani, R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 37-40.
Simbolon, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Ekosistem Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori. Jurnal Education and Development, 7(3), 348-348.
Suarsani GA. (2019). Meningkatkan hasil belajar kimia dengan materi pokok kimia unsur melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 2(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17607
Susilawati, E., Asutinasari, Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 11-16.
Tanjung, N. (2022). PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN I KOTA BENGKULU. Jurnal BIOEDUSCIENTIFIC, 3(1), 1-16.
Triyanti, M. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Linggau Journal Science Education, 2(1), 79-88.
Wajdi, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia. Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 1(1), 19-26.
Widuri, W., Ristiono, R., & Alberida, H. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TENTANG MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 1-9.
Wulandari, R., Wardhani, S., & Nawawi, S. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa materi keanekaragaman hayati. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 45-53.
Yarmalinda, D., & Sineri, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Ekologi. Biolearning Journal, 7(2), 61-69.
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |