PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Adzra Nabilah, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Syamsurizal Syamsurizal, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Tuntutan era global Partnership of 21st Century Skills yang mengidentifikasi bahwa peserta didik abad-21 harus mampu mengembangkan keterampilan yang berdaya saing. Keterampilan yang dimaksudkan adalah keterampilan untuk berpikir tingkat tinggi (Higher order thinking), dalam aspek berpikir analitis dani berpikir kritis. Di Indonesia, tingkat  berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan siswa dalam menganalisis argumen, membuat kesimpulan menggunakan penalaran, menilai atau mengevaluasi, dan membuat keputusan atau pemecahan masalah.Pembelajaran biologi mempunyai karakteristik materi yang sfesifik menuntut guru untuk mempunyai sikap yang lebih kreatif dan inovatif dalam  pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang variatif. Salah satu model pembelajaran yang bisa  digunakan untuk meningkatkan keterampilan  Berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran  Biologi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review dengan mengkaji sejumlah sumber  yang relavan terkait judul penelitian. Berdasarkan hasilliteratur review yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan model Problem Based Learning terhadap meningkatnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Biologi

Keywords


Berpikir kritis; Model Pembelajaran; Pembelajaran Biologi; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, V. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Vee Map Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik.

Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 407-417.

Aryawati, N. P., Pujani, N. M., & Widiyanti, N. L. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X SMA. Wahana Matematika dan Sains, 14(2), 105-124.

Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000-5015.

Azura, R. M., & Selaras, G. H. (2023). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Cara Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pelajaran Biologi. ANWARUL, 3(4), 697-709.

Daud, R., Haerullah, A., Bahtiar, B., & Yusuf, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Iskam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 456-462.

Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1-14.

Habibah, F. N., Setiadi, D., Bahri, S., & Jamaluddin, J. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning berbasis Blended Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 686-692.

Herzon HH, Budijanto, Utomo DH. 2018. Pengaruh problem-based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan 3(1): 42-46.

Ilmi, M., & Lagiono, L. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan Pada Konsep Ekosistem. Jurnal pendidikan hayati, 5(2).

Kartini, S.R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Semarang Melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Permainan Isometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA 2019, Vol.2, 836-840. ISSN 2613-9189

Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1-8.

Meriani, M., Khairil, K., & Kasmirudin, K. (2019, October). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Kepahiang. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Mustakim, N. I. L., & Hambali, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 287-292.

Nasral, N., & Meliandika, R. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN I Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 672-683.

Nuraini, W. S., & Nurkamilah, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 27-31.

Paputungan, Y., Rengkuan, M., & Nangoy, W. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi Di SMP Negeri 3 Bolaang. JSPB BIOEDUSAINS, 4(2), 192-198.

Paudi, Humaira dan Mohammad Jamhari dan Mursito S Bialangi dan Ritman Ishak. "Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu." Journal of Biology Science and Education (JBSE) (2020): Vol 8(1): 593-601.

Pujianti, M., & Rusyana, A. (2020). Penerapan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem reproduksi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7-11

Putri, D. M., & Fitri, R. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 42-52.

Putri, Y. A., & Zulyusri, Z. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(2), 1-11.

Rangkuti, S. R., Khairuna, K., & Jayanti, U. N. A. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Indera Kelas XI. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 7-15.

Ritonga, N. M., Anas, N., & Rohani, R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 37-40.

Simbolon, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Ekosistem Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori. Jurnal Education and Development, 7(3), 348-348.

Suarsani GA. (2019). Meningkatkan hasil belajar kimia dengan materi pokok kimia unsur melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 2(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17607

Susilawati, E., Asutinasari, Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 11-16.

Tanjung, N. (2022). PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN I KOTA BENGKULU. Jurnal BIOEDUSCIENTIFIC, 3(1), 1-16.

Triyanti, M. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Linggau Journal Science Education, 2(1), 79-88.

Wajdi, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia. Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 1(1), 19-26.

Widuri, W., Ristiono, R., & Alberida, H. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TENTANG MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 1-9.

Wulandari, R., Wardhani, S., & Nawawi, S. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa materi keanekaragaman hayati. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 45-53.

Yarmalinda, D., & Sineri, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Ekologi. Biolearning Journal, 7(2), 61-69.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.