PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI STRUKTUR FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Ardeliza Putri Pamungkas, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suyitno Aloysius, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan e-module interaktif berbasis model discovery learning materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI yang layak berdasarkan penilaian oleh validator ahli materi dan ahli media, dan 2) Menghasilkan e-module interaktif berbasis model discovery learning materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI yang praktis berdasarkan penilaian oleh guru Biologi dan siswa SMA kelas XI MIPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Data yang dikumpulkan adalah penilaian kelayakan e-module oleh validator ahli materi dan media, serta penilaian kepraktisan e-module melalui uji coba keterbacaan oleh guru Biologi dan siswa SMA kelas XI MIPA. Data dikumpulkan menggunakan angket validasi dan angket uji coba keterbacaan. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.  Hasil penelitian ini adalah: 1) Produk e-module dinilai dalam kategori sangat layak berdasarkan penilaian oleh validator ahli materi dan ahli media; dan 2) Produk e-module dinilai dalam kategori praktis berdasarkan hasil uji coba keterbacaan oleh guru Biologi dan dinilai dalam kategori sangat praktis oleh siswa SMA kelas XI MIPA untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran Biologi.


Keywords


biologi; discovery learning; e-module; penguasaan konsep

Full Text:

PDF

References


Ariana, D., Situmorang, R.P., & Krave, A.S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 34–46.

Azwar, S. (2012). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bates, A.W. (2019). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. Vancouver BC: Tony Bates Associates Ltd.

Fauziah, N., & Usodo, B. (2019). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(2), 120 – 130.

Gumilang, R. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Biologi Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Depok Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Harfian, B.A.A. (2017). Kemampuan Guru Biologi dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik. Biosfer, 2(2): 11–17.

Hayya, A.S.F. & Widyasari, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng untuk Siswa Kelas III SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 160–165.

Haifa, K.L. (2021). Pengembangan E-Modul Bermuatan Literasi Digital pada Materi Teknologi Komunikasi di Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hartati, S., & Tirtayani, L. A. (2020). Implementasi Media Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 89 – 98.

Ispratiwi, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kultur Jaringan Tumbuhan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 39 – 45.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (n.d.). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/

Kusumawati, M.U. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Materi Struktur - Fungsi Jaringan Tumbuhan Pada Siswa SMA Negeri 3 Klaten Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi Biologi, 5(7), 19–26.

Librianty, H.D., dan M. Syarif S. (2014). Peningkatan Partisipasi Belajar Melalui Metode Bercakap – Cakap Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1): 1 – 8.

Mahmudin, Ratnawati, D., & Khaharsyah, A. (2022). Pengembangan E-Module Sistem Pendingin Berbasis Website Google Sites untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 7(1), 29–34.

Mustofa, Z. (2019). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan E-Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Tentang Konsentrasi Larutan dan Aplikasinya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 14–29.

Nurjannati, R.D., Holiwarni, B., & Haryati, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Siswa Berbasis Lectora Inspire Sebagai Multimedia Interaktif Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia di SMA/Sederajat. Jurnal Online Mahasiswa FKIP, 4(1), 1 – 9.

Putra, D.E., Hefni, & Erningsih. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa dan Strategi Guru Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8913 – 8920.

Saregar, A. et al. (2019). Feasibility Test of Mobile Learning with Schoology: Efforts to Foster The Students’ Learning Interest on Magnetism. Journal of Physics: Conference Series, 115, 012060.

Siwi, G. R. (2020). Analisis Rendahnya Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Tematik. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umihani, et al. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Model Discovery Learning Menggunakan Media Digital di SMA N 1 Terbanggi Besar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 164 – 172.

Wahono, R.S. (2015). Evaluasi Bahan Ajar Berbasis TIK: Panduan Praktis untuk Pendidik dan Peneliti Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Widiastutik, H.J. dan E. Rudyatmi. (2021). Pengembangan E-Module Struktur Jaringan Tumbuhan Berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Prosiding Semhas Biologi ke-9 Tahun 2021.

Yanuarti, R., Utari, I., & Harianti, D. (2022). Evaluasi Pemanfaatan E-Modul Sebagai Bahan Belajar Mandiri Dalam Program Peningkatan Kompetensi Guru. Jurnal Teknodik, 26(2), 101 – 114.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i2.20164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.