PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP LITERASI KESEHATAN SISWA

Azizah Nur Isnaini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tutiek Rahayu,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Biologi berbasis socio scientific issues (SSI) topik sistem reproduksi terhadap literasi kesehatan siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment yang melibatkan dua kelas masing-masing sebagai kelas eksperimen (E) dan kelas kontrol (C). Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan yaitu socio scientific issues (SSI) untuk kelas eksperimen dan metode pembelajaran cooperative learning STAD untuk kelas kontrol. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan literasi kesehatan siswa. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah samanya pendidik, materi yang diajarkan, alokasi waktu pembelajaran, dan alat evaluasi yang digunakan pada kedua kelas. Data kemampuan literasi kesehatan siswa didapatkan dengan tes dalam bentuk soal uraian dan data keterlaksanaan pembelajaran didapatkan dengan lembar observasi yang telah divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis socio scientific issues (SSI) terhadap kemampuan literasi kesehatan siswa adalah paired sample t-test, independent sample t-test, normalitas gain, dan effect size.  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi berbasis socio scientific issues (SSI) topik sistem reproduksi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi kesehatan siswa. Besar pengaruh pembelajaran SSI melalui uji normalitas gain sebesar 0,38 (sedang) dan uji effect size sebesar 2,122 (large effect).  


Keywords


socio scientific issues; pendidikan seksual; sistem reproduksi; literasi kesehatan

Full Text:

PDF

References


Aaby, A., Friis, K., Christensen, B., Rowlands, G., & Maindal, H. T. (2017). Health literacy is associated with health behavior and self-reported health: A large population-based study in individuals with cardiovascular disease. European Journal of Preventive Cardiology, 24(17), 1880–1888. https://doi.org/10.1177/2047487317729538

Anagün, Ş. S., & Özden, M. (2010). Teacher candidate’s perceptions regarding socio-scientific issues and their competencies in using socio-scientific issues in science and technology instruction. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9(December), 981–985. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.271

Batubara, S. O., Wang, H., & Chou, F. (2020). Literasi Kesehatan : Konsep Analisis. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2), 88–98.

Bruselius-Jensen, M., Bonde, A. H., & Christensen, J. H. (2016). Promoting health literacy in the classroom. Health Education Journal, 76(2), 1–13. https://doi.org/10.1177/0017896916653429

Gazmararian, J. A., Curran, J. W., Parker, R. M., Bernhardt, J. M., & DeBuono, B. A. (2005). Public health literacy in America: An ethical imperative. American Journal of Preventive Medicine, 28(3), 317–322. https://doi.org/10.1016/j.amepre.2004.11.004

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Kesumawati, R., Ibrahim, K., & Witdiawati, W. (2019). Literasi Kesehatan Orang dengan HIV/AIDS. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(1), 77–88. https://doi.org/10.17509/jpki.v5i1.15533

Lakhmudien, Soedirham, O., & Fatah, M. Z. (2019). Reproductive Health Literacy Level of Adolescents in Senior High School in Semarang City. International Journal of Public Health and Clinical Sciences, 6(1), 75–85. https://doi.org/10.32827/ijphcs.6.1.75

Laksono, R. K. S., & Wibowo, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Socio-Scientific Issues untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 752–765. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.25719

Lee, H., Yoo, J., Choi, K., Kim, S. W., Krajcik, J., Herman, B. C., & Zeidler, D. L. (2013). Socioscientific Issues as a Vehicle for Promoting Character and Values for Global Citizens. International Journal of Science Education, 35(12), 2079–2113. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.749546

Lenhard, W. & Lenhard, A. (2016). Computation of effect sizes. Retrieved from: https://www.psychometrica.de/effect_size.html. Psychometrica. DOI: 10.13140/RG.2.2.17823.92329

Lin, L. C., Huang, C. M., Hsu, H. P., Liao, J. Y., Lin, C. Y., & Guo, J. L. (2021). Integrating health literacy into a theory-based drug-use prevention program: a quasi-experimental study among junior high students in Taiwan. BMC Public Health, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12889-021-11830-5

Magnani, J. W., Mujahid, M. S., Aronow, H. D., Cené, C. W., Dickson, V. V., Havranek, E., … Willey, J. Z. (2018). Health Literacy and Cardiovascular Disease: Fundamental Relevance to Primary and Secondary Prevention: A Scientific Statement From the American Heart Association. Circulation, 138(2), e48–e74. https://doi.org/10.1161/CIR.0000000000000579

Mayasari, T., & Paidi, P. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI KEFAVORITAN SEKOLAH. Jurnal Edukasi Biologi, 8(2), 86–97. https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.18212

Mudawamah, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa SMPN 1 Ngoro Mojokerto melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Socio-scientific issues (SSI). Science Education and Application Journal, 2(2), 52. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.254

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789

Nutbeam, D., & Kickbusch, I. (1998). Health promotion glossary. Health Promotion International, 13(4), 349–364. https://doi.org/10.1093/heapro/13.4.349

Okan, O., Paakkari, L., & Dadaczynski, K. (2020). Health literacy in schools: State of the art. SHE Factsheet, 6(September). Retrieved from www.schoolsforhealth.org

Oktarina, D. (2020). Literasi Kesehatan di Tengah Pandemi. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–5. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%250

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 3(2), 127–135.

Permana, T. I., Suwono, H., & Listyorini, D. (2016). Analisis Awal Literasi Kesehatan Siswa SMA Kelas XI MIA di Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, 430–435. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/321824238

Puspita, I. G., & Subiantoro, A. W. (2022). Pengembangan Web Pembelajaran Biologi Berbasis Socio- Scientific Issues ( SSI ) Topik Sistem Pencernaan untuk Mengembangkan Literasi Kesehatan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 9(1), 24–32.

Rahmawati, R., Sastiarini, J. A., & Hakim, D. ‘Aqilatul F. (2021, Maret). Health Literacy Among Patients With Stage 2 Hypertension: A Survey in Rural Yogyakarta. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020–Health Science and Nursing (ICoSIHSN 2020), 33(March). https://doi.org/10.2991/ahsr.k.210115.047

Ratcliffe, M. & Grace, M. (2003). Science Education for Citizenship: Teaching Socio-Scientific-Issues. Philadelphia: Open University Press.

Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14

Roiefah, A. L., Pertiwi, K. D., & Siswanto, Y. (2021). Hubungan Tingkat Literasi Kesehatan dengan Perilaku Pencegahan PTM Pada Remaja di Kabupaten Semarang. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 3(2), 167–178.

Sahroni, Anshari, D., & Krianto, T. (2019). Determinan Sosial Terhadap Tingkat Literasi Kesehatan Pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Kota Cilegon. Faletehan Health Journal, 6(3), 111–117. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i3.94

Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 14(Effect Size), 17. Retrieved from http://repository.usd.ac.id/id/eprint/9419

Sari, I. K., Meilinda, M., & Anwar, Y. (2022). PROFIL BAHAN AJAR BIOLOGI SMA KELAS X DARI PERSPEKTIF LITERASI SAINS. Jurnal Edukasi Biologi, 8(2), 80–85. https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.16935

Sørensen, K., Van Den Broucke, S., Fullam, J., Doyle, G., Pelikan, J., Slonska, Z., & Brand, H. (2012). Health literacy and public health: A systematic review and integration of definitions and models. BMC Public Health, 12(1), 80. https://doi.org/10.1186/1471-2458-12-80

Subiantoro, A. W. (2017, Oktober). Pembelajaran Biologi berbasis Socio-scientific Issues ( SSI ) untuk Mengasah Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Iain Syekh Nurjati , 1–11.

Subiantoro, A. W., Handziko, R. C., & Wibowo, Y. (2021). A narrative inquiry of socio-scientific issues-based e-learning development in biology to promote student health literacy. Biosfer, 14(1), 132–143. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.20373

Sujiati, E., Handayani, B. S., Merta, I. W., Lestari, T. A., & Artayasa, I. P. (2020). The Correlation Between Concept Mastery and Students Moral Reasoning Stage Through Socio Scientific Issue Approach on Human Reproduction System Material. Journal of Science …, 2(2), 77–83. https://doi.org/10.29303/jossed.v2i2.959

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winoto, Y., Rachmawati, T. S., & Sinaga, D. (2021). Pendidikan Seks dan Kesehatan Reproduksi Remaja para Siswa/Siswi SMP Negeri Cinaem di Kecamatan Cinaeam, Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Of Berdaya, 1(1), 10–22.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.