Penyusunan Modul Pengayaan Pencemaran Air sebagai Alternatif Sumber Belajar Materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan

Nurul Endah Rahmawati1, , Indonesia
Suratsih Suratsih, , Indonesia
Tien Aminatun, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menyusun modul pengayaan pencemaran air sebagai alternatif sumber belajar untuk materi ekosistem dan perubahan lingkungan, mengetahui kualitas modul pengayaan pencemaran air oleh guru, dan mengetahui respon siswa terhadap modul pengayaan pencemaran air. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan atau research and development (RnD) dengan objek penelitian yaitu kualitas modul pencemaran air dan respon siswa terhadap modul. Pengambilan data kualitas modul dan respon siswa dilakukan di SMA Negeri 1 Pacitan dengan populasi yaitu 32 siswa kelas XI IPA 4 dan 2 orang guru Biologi. Data kualitas modul dan respon siswa yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menghitung frekuensi kategori pada setiap aspek. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) berdasarkan penilaian oleh guru Biologi, kualitas modul tergolong baik ;(2) respon siswa terhadap modul termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata kunci: Modul pengayaan; Pencemaran air; Perubahan lingkungan;SMA Negeri 1 Pacitan; Sumber belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i6.13910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.