PENGEMBANGAN LKS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA

Safina Audiati Afiar, , Indonesia
Slamet Suyanto, , Indonesia
Suhartini Suhartini, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan LKS berbasis Problem Based Learning; (2) efektivitas LKS terhadap wawasan lingkungan; dan (3) efektivitas LKS terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan SMA N 1 Sanden pada materi Daur Ulang Limbah. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). LKS ini direview oleh 3 dosen ahli media, 2 dosen ahli materi, dan 2 guru biologi, serta uji empirik LKS oleh 57 siswa kelas X MIA 2 dan MIA 3. Instrumen dalam penelitian ini adalah Lembar Angket untuk menilai kelayakan LKS, Lembar Observasi untuk menilai sikap peduli lingkungan, soal Pretest dan Posttest untuk menilai wawasan lingkungan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LKS layak digunakan berdasarkan review oleh dosen ahli media, ahli materi, dan guru biologi dalam kriteria “Baik” dan tanggapan siswa dalam penggunaan LKS menunjukkan hasil sebesar 75% dalam kriteria “layak” berdasarkan aspek bahasa, tampilan, kegiatan, materi, keterampilan dan evaluasi belajar. (2) LKS efektif untuk meningkatkan wawasan lingkungan siswa dengan nilai Gain Score 0.42 dalam kategori “sedang”. (3) LKS efektif untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa berdasarkan hasil analisis lembar observasi modus penilaian kategori sikap siswa termasuk “sedang”.
Kata kunci: Daur Ulang Limbah, LKS, Problem Based Learning, wawasan lingkungan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i5.13886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.