ANALISIS MISKONSEPSI SISTEM PERNAPASAN PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI DI KABUPATEN BANYUMAS
Sukiya Sukiya, , Indonesia
Tutiek Rahayu, , Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi miskonsepsi berdasarkan kategori miskonsepsi menurut Hershey (2005), dan mengetahui persentase masing-masing kategori miskonsepsi pada materi sistem pernapasan dari buku teks biologi kelas XI di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan teknik pengambilan objek secara sensus, karena hanya tiga buku teks yang digunakan. Objek penelitian ini adalah buku teks yang memuat materi sistem pernapasan. Unit analisis berupa teks dan gambar yang memuat materi sistem pernapasan. Analisis miskonsepsi berdasarkan kategori misidentification, oversimplification, overgeneralization, undergeneralization, dan obsolete concept and terms dilakukan oleh tiga panelis. Data yang diperoleh diuji kehandalan datanya dan dianalisis dengan menghitung persentase setiap kategori miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi unit teks dan gambar pada buku teks biologi SMA kelas XI yang digunakan di Kabupaten Banyumas adalah misidentification (1,1% dan 0%), oversimplifications (3,5% dan 12,2%), overgeneralizations (1,8% dan 0%), undergeneralizations (0,37% dan 0%), obsolete concept and terms (0,67% dan 0%).
Kata kunci: Banyumas, buku teks biologi, miskonsepsi, sistem pernapasan, SMA
Kata kunci: Banyumas, buku teks biologi, miskonsepsi, sistem pernapasan, SMA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i4.13725
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |