AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL BERDASARKAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU

Nia Umi Nuzullaila, , Indonesia
Bambang Subali, , Indonesia
Paidi Paidi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada mata pelajaran biologi kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri Kabupaten Gunungkidul berdasarkan pengalaman mengajar guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode secara survei dilaksanakan pada bulan September 2016 hingga Desember 2016. Populasi penelitian adalah guru biologi SMAN di Kabupaten Gunungkidul. Responden penelitian yaitu 29 guru biologi dari 10 SMAN di Kabupaten Gunungkidul yang dilakukan secara sensus. Variabel yang diamati adalah aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada pelajaran biologi. Aktualisasi pembelajaran metode ilmiah pada pelajaranan biologi dalam penelitian ini dikaitkan dengan salah satu variabel yaitu pengalaman mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dengan pengalaman mengajar < 20 tahun memiliki persentase pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya yang lebih tinggi dibanding dengan guru dengan pengalaman mengajar ≥ 20 tahun.
Kata kunci: Aktualisasi, metode ilmiah, pelajaran biologi, pengalaman mengajar guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i4.13724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.