MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS XII PADA MATERI GENETIK DENGAN METODE Certainty of Response Index (CRI)
Suratsih Suratsih, , Indonesia
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat miskonsepsi materi genetik oleh siswa SMA kelas XII; (2) mengetahui submateri yang paling banyak mengalami miskonsepsi. Kegiatan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Maret 2018. Miskonsepsi adalah ketidaksesuaian konsep yang dimiliki oleh siswa dengan konsep ahli, sedangkan materi genetik yang di ujikan antara lain: submateri kromosom, DNA, gen, dan sintesis protein. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 3 di SMAN 1 Wates dilakukan pada bulan Maret 2018. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik insidental sampling. Data dikumpulkan dengan tes diagnostik dengan metode Certainty of Response Index (CRI) yang ditemukan oleh Salem Hasan. Hasil analisis menunjukkan adanya miskonsepsi pada siswa kelas XII MIA 3 di SMAN 1 Wates. Miskonsepsi keseluruhan yang dialami sebesar 22,17%. Hasil pada submateri kromosom siswa mengalami miskonsepsi sebesar 19,33%, sub materi DNA sebesar 12,67%, submateri gen sebesar 28,67%, dan yang terakhir sintesis protein sebesar 28%. Miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada submateri Gen.
.
Kata kunci: miskonsepsi, materi genetik, submateri gen
.
Kata kunci: miskonsepsi, materi genetik, submateri gen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i4.13720
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |