PENGUASAAN METODE ILMIAH ASPEK BIOLOGIS IPA PESERTA DIDIK SD DI UPT YOGYAKARTA TIMUR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Bambang Subali, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA Sekolah Dasar ditinjau berdasarkan jenis kelamin di UPT Yogyakarta Timur serta kaitannya dengan jenjang kelas dan urutan kelahiran. Penelitian menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah populasi hipotetik yang merupakan peserta didik SD kelas I-IV di UPT Yogyakarta Timur yang memiliki karakter seperti sampel penelitian. Sampel penelitian adalah peserta didik yang mengerjakan soal bentuk 2 pilihan tipe I-III. Instrumen penelitian berupa angket dan tes penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA sekolah dasar. Instrumen tes valid berdasarkan Rasch model dan reliabilitas sebesar 0,57. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan uji t Independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD di UPT Yogyakarta Timur tergolong sedang. Faktor jenis kelamin tidak mempengaruhi penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA, karena tidak ada perbedaan yang signifikan pada rata-rata skor antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa faktor jenis kelain ketika jenjang kelas dan urutan kelahiran dikontrol tidak mempengaruhi penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA.
Kata kunci: sekolah dasar, penguasaan metode ilmiah, jenis kelamin
Kata kunci: sekolah dasar, penguasaan metode ilmiah, jenis kelamin
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i1.13698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |