Fungsi dan bentuk penyajian tari Gegerit di kabupaten Lahat provinsi Sumatera Selatan

Ovi Chania, Dr. Sutiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi dan bentuk tari gegerit di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini menggunakan delapan narasumber yang dapat mewakili untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini. Objek penelitian ini adalah tari Gegeri di Kabupaten Lahat. Metode pengumpulandata menggunakan observasi, wawancara, dandokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis menggunakan teori Miles dan Huberman yang menggunakan tiga tahapan (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Kesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa tari Gegerit berfungsi: (1) penyambutan tamu untuk tamu agung atau orang terhormat, dan (2) hiburan yang biasa ditampilkan pada acara perkawinan, khitanan, dan peresmian gedung.
Bentuk penyajian tari Gegerit (1) iringan yang awal tarian ini hanya menggunakan gendang, bonang, dan simbal, (2) tari Gegerit tidak menyairkan lirik dan notasi lagu, (3)kostum tari ini menggunakan baju kurung dan kain songket Sumatera Selatan, (4) properti yang digunakan padatari Gegerit yaitu Keris dan Tanggai.
Kata Kunci: Fungsi dan Bentuk Penyajian Tari Gegerit


Refbacks

  • There are currently no refbacks.