NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM RAGAM GERAK TARI KLANA TOPENG CONDRORADONO KARYA KRT SUNARTOMO CONDRORADONO YANG DITAFSIR ULANG OLEH KUSWARSANTY

Nurbaiti -, Enis Niken M. Hum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter di dalam ragam gerak tari Klana Topeng Condroradono karya KRT Sunartomo Condroradono yang ditafsir ulang oleh Kuswarsantyo. Deskripsi dilakukan dengan melihat ragam gerak tari yang ada di dalam tari Klana Topeng Condroradono.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berupa kalimat sebagai penjabaran dari proses penelitian, hingga hasil penelitian. Sumber data yang diperoleh dari narasumber yaitu bapak Kuswarsantyo sebagai penafsir ulang tari Klana Topeng Condroradono. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sejarah tari Klana Topeng berawal dari munculnya Kridha Beksa Wirama (KBW) dan akhirnya bisa berkembang hingga sekarang, (2) tari Klana Topeng Condroradono adalah perkembangan dari tari Klana Topeng sebelumnya diciptakan untuk materi pembelajaran tari, (3) nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam ragam gerak tari Klana Topeng Condroradono yaitu tujuh nilai yang dicetuskan oleh Kemendiknas tahun 2010, (4) nilai-nilai pendidikan tersebut yaitu religius, disiplin, kerja keras, mandiri, tanggung jawab, jujur dan rasa ingin tahu.
Kata kunci : nilai pendidikan karakter, ragam gerak tari Klana Topeng Condroradono.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.