Minat masyarakat dusun Karanggede desa Jatimulyo kecamatan Girimulyo kabupaten Kulon Progoterhadap kesenian Jathilan

Rifki Nurani IP., Dr. Sutiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat terhadap kesenian jathilan dan faktor-faktor penyebab tumbuhnya minat masyarakat Dusun Karanggede, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo terhadap kesenian jathilan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Setting penelitian dilakukan di Dusun Karanggede, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Objek penelitian yang diteliti adalah minat masyarakat Dusun Karanggede, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo terhadap kesenian jathilan. Subjek yang diteliti yakni masyarakat Dusun Karanggede, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Teknik pengumpulan data data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data diperoleh melalui reduksi data, penampilan, dan pemeriksaan data. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan warga Dusun Karanggede, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo memiliki minat tinggi terhadap kesenian jathilan yang ditunjukkan dengan berbagai cara seperti antusias berapresiasi menonton pentas jathilan, masuk dalam keanggotaan menjadi pelaku seni jathilan untuk melestarikan jathilan, membantu persiapan hingga pementasan, dan memperkenalkan generasi muda termasuk anak cucu agar mengenal kesenian jathilan. Penelitian ini juga menunjukkan faktor-faktor penyebab tumbuhnya minat masyarakat terhadap kesenian jathilan yaitu, (1) bentuk penyajian meliputi gerak, iringan, dan rias busana, (2) faktor pendidikan, dan (3) faktor lingkungan sosial.
Kata kunci: minat, faktor penyebab, kesenian jathilan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.